Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Top! Jokowi Sebut di Dunia Hanya Dua, Salah Satunya Indonesia

Selasa, 21 September 2021 – 14:41 WIB
Top! Jokowi Sebut di Dunia Hanya Dua, Salah Satunya Indonesia - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANTEN - Presiden Joko Widodo meresmikan Hot Strip Mill #2 PT Krakatau Steel (Persero) TBK di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Selasa (21/9). Dia menilai pabrik ini menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja.

"Hanya ada dua di dunia. Pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia di Krakatau Steel,” kata presiden dalam sambutannya.

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi Hot Rolled Coil (HRC) sebesar 1,5 juta ton per tahun dan merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium.

Dalam kesempatan tersebut, presiden juga mengingatkan bahwa kebutuhan baja di dalam negeri juga terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. “Jangan dibiarkan dimasuki produk luar,” kata Presiden Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan industri baja merupakan sektor yang sangat strategis karena produk yang dihasilkan sangat dibutuhkan dan bisa dimanfaatkan untuk industri-industri lain.

“Ini (industri) merupakan salah satu pilar penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ucap dia.

Dalam lima tahun terakhir, kebutuhan baja di dalam negeri meningkat hingga sekitar 40 persen. Hal ini dipicu oleh pertumbuhan pembangunan infrastruktur yang terus dilaksanakan pemerintah.

Oleh karena itu, presiden meminta produksi dari pabrik tersebut untuk terus ditingkatkan hingga mencapai 4 juta ton/tahun.

Presiden Jokowi menyebut di dunia hanya dua, salah satunya di Indonesia di Krakatau Steel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close