Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Travel Gelap Pasang Tarif Tiga Kali Lipat dari Harga Normal

Senin, 11 Mei 2020 – 15:40 WIB
Travel Gelap Pasang Tarif Tiga Kali Lipat dari Harga Normal - JPNN.COM
Posko untuk memantau kendaraan pemudik di daerah perbatasan Kabupaten Sleman dengan Jateng. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya telah menindak ratusan kendaraan travel yang berupaya untuk menyelundupkan pemudik di tengah aturan larangan mudik. Dari hasil pemeriksaan para sopir, diketahui tarif yang dipatok sangat mahal.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo mengatakan, tarif yang dipatok bisa tiga kali lebih mahal ketimbang saat normal.

“Contohnya ke Brebes, Jawa Tengah, tiketnya Rp500 ribu padahal harga normal Rp15 ribu. Ada yang ke Cirebon, tiketnya Rp300 ribu, padahal harga normal Rp100 ribu,” ujar Sambodo, Senin (11/5).

Perwira menengah ini menambahkan, kendaraan travel gelap yang mereka tindak terdiri dari bus, minibus, kendaraan pribadi, dan truk. Para sopir biasa menawarkan jasa antar pemudik ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Promosi dilakukan lewat media sosial Facebook atau Instagram hingga omongan mulut ke mulut,” sambung Sambodo.

Diketahui, sejak Operasi Ketupat digelar pada 24 April lalu, sudah ada 228 kendaraan travel yang ditindak. Sebanyak 202 di antaranya ditindak dalam tiga hari terakhir. Dari 228 kendaraan itu, terdapat 1.389 warga yang kedapatan untuk mudik dan diputar balik.(cuy/jpnn)

loading...