Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Trump Bikin Masalah, Tiga Sekutu Amerika Sibuk Rayu Iran

Senin, 06 Januari 2020 – 15:15 WIB
Trump Bikin Masalah, Tiga Sekutu Amerika Sibuk Rayu Iran - JPNN.COM
Pasukan Garda Revolusi Islam Iran di base rudal bawah tanah dengan unit pelontar di lokasi yang dirahasiakan, di foto yang tidak bertanggal dari Fars News. Ilustrasi Foto: REUTERS/farsnews.com/Handout via Reuters

jpnn.com, LONDON - Kelompok negara-negara E3 yang terdiri atas Perancis, Inggris dan Jerman meminta Iran untuk menahan diri dari tindakan kekerasan dan mendesak Iran untuk kembali menghormati kesepakatan nuklir. Sekutu-sekutu Amerika Serikat itu menyampaikan kekhawatiran setelah petinggi militer Iran Qassem Soleimani tewas diserang di Baghdad.

Kesepakatan nuklir yang dimaksud dikenal dengan nama Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) yang tercapai pada Oktober 2015.

Ketiga negara itu juga menyoroti pentingnya mengurangi ketegangan di Irak dan Iran, dan menegaskan kembali tekad mereka untuk memerangi ISIS.

"Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk melanjutkan perang melawan ISIS dan itu tetap menjadi prioritas. Sangat penting untuk menjaga koalisi dalam hal ini. Kami menyerukan pihak berwenang Irak untuk terus memasok dukungan yang diperlukan untuk koalisi," tulis grup E3 dalam sebuah pernyataan.

"Kami siap untuk melanjutkan pembicaraan dengan semua pihak untuk berkontribusi dalam menurunkan ketegangan dan membangun kembali stabilitas di kawasan ini," ujar

Soleimani, perancang operasi klandestin dan militer Teheran di luar negeri sebagai kepala Pasukan Quds Pengawal Revolusi, tewas pada Jumat (3/1) dalam serangan pesawat tak berawak milik AS pada konvoinya di bandara Baghdad.

Soleimani dianggap sebagai tokoh terkuat kedua di negara itu setelah Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Presiden AS Donald Trump pada Sabtu (4/1) mengancam akan menghantam keras 52 situs Iran jika negara itu menyerang aset atau warga negara Amerika Serikat. (ant/dil/jpnn)
VIDEO: Luhut Bela Anak Buah Prabowo

Tiga sekutu Amerika meminta Iran untuk menahan diri dari tindakan kekerasan dan mendesak Iran untuk kembali menghormati kesepakatan nuklir

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close