Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tuan Rondahaim Saragih Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Tunggu Keputusan Presiden Jokowi

Minggu, 29 Oktober 2023 – 11:42 WIB
Tuan Rondahaim Saragih Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Tunggu Keputusan Presiden Jokowi - JPNN.COM
Tuan Rondahaim Saragih Garingging (1828-1891) sebagai Raja Raya Namabajan. Foto: Dok. DPP PMS

jpnn.com, JAKARTA - Para Syndicate bersama Komunitas Masyarakat Simalungun (KMS) menggelar forum publik bertajuk “Tuan Rondahaim Saragih: Pejuang Kemerdekaan Tanah Simalungun yang Terlupakan” di kantor PARA Syndicate pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Forum ini membahas ketangkasan Rondahaim dalam menghalau penjajahan Belanda, yang menjadikan dirinya patut diberi gelar “Pahlawan Nasional”.

Adapun yang dimaksud dengan “Pahlawan Nasional” ialah suatu gelar yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada Warga Negara Indonesia (WNI) atau yang berjuang melawan penjajahan kolonial Belanda di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan.

Pada 1999 lalu, Tuan Rondahaim Saragih merupakan Penerima Bintang Jasa Utama Republik Indonesia sehingga disebut pantas mendapat gelar “Pahlawan Nasional”.

Saat ini tengah dilakukan pengusulan agar Rondahaim diberi gelar “Pahlawan Nasional” melalui Kementerian Sosial dan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (DGTK).

Selanjutnya, tinggal menunggu keputusan terakhir dan tertinggi Penganugrahan Pahlawan Nasional oleh Presiden.

Sejumlah narasumber hadir dalam forum, yaitu Dosen Program Magister Ilmu Sejarah Universitas Sumatera Utara Dr. Suprayitno, Guru Besar Sejarah UIN Syarif Hidayatullah Prof. Dien Madjid, Dosen Sejarah UIN Syarif Hidayatullah Dr. Johan Wahyudi, dan Pemuka Masyarakat Simalungun Dr. med Sarmedi Purba.

Turut hadir pula Sesepuh Masyarakat Simalungun Prof. Bungaran Saragih. Adapun forum dipandu oleh Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo dan Direktur Eksekutif Nation and Character Building Institute (NCBI) Juliaman Saragih.

Profesor Bungaran mengatakan proses pengajuan Rondahaim Saragih menjadi pahlawan sudah berjalan dan saat ini menunggu keputusan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close