Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tudang Sipulung untuk Dongkrak Produktivitas Pertanian di Pinrang

Kamis, 11 November 2021 – 22:58 WIB
Tudang Sipulung untuk Dongkrak Produktivitas Pertanian di Pinrang - JPNN.COM
Kegiatan tudang sipulung sama halnya dengan musyawarah untuk menghadapi musim tanam. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PINRANG - Petani di Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan tudang sipulung.

Kegiatan tudang sipulung sama halnya dengan musyawarah untuk menghadapi musim tanam yang biasanya berlangsung pada Oktober hingga Maret. Giat dilaksanakan di kantor kecamatan setempat.

"Jadi tudang sipulung ini salah satu langkah merumuskan perencanaan masa tanam. Tentunya supaya lebih efektif. Apalagi para petani di sini sebelumnya sudah dilatih melalui program IPDMIP. Total ada 70 orang yang hadir," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang Andi Tjalo Kerrang melalui keterangan tertulisnya.

Andi mengatakan bahwa tudang sipulung ini adalah kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum petan-petani melakukan turun sawah.

Di mana dalam kegiatan ini, pemerintah akan berupaya memadukan kearifan lokal dengan teknologi.

"Melalui musyawarah tudang sipulung ini, diharapkan bisa menghasilkan dan melaksanakan kesepakatan bersama terutama untuk jadwal tanam tanpa mengindahkan kearifan-kearifan lokal yang telah kita miliki," katanya.

Kepala Bidang Penyuluhan M Syukur menambahkan selain harus berpedoman dengan kesepakatan bersama agar produksi hasil tani meningkat, mereka juga harus memastikan ketersediaan saprodi terutama pupuk dan mewaspadai beberapa hama.

"Selain mengevaluasi pola dan jadwal tanam serta ketersediaan sarana produksi, kita juga harus mewaspadai dampak dari perubahan iklim yang bisa menjadi pemicu adanya serangan OPT," jelasnya.

Kegiatan tudang sipulung di Pinrang sama halnya dengan musyawarah untuk menghadapi musim tanam pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close