Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid, Bagaimana Nasib Mosaik Kristiani di Sana?

Senin, 20 Juli 2020 – 15:16 WIB
Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid, Bagaimana Nasib Mosaik Kristiani di Sana? - JPNN.COM
Hagia Sophia di Istanbul, Turki. Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Murad Sezer/djo

jpnn.com, ISTANBUL - Juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin mengatakan sejumlah mosaik yang menunjukkan figur-figur Kristiani di Hagia Sophia akan ditutup dengan tirai selama umat Islam menunaikan ibadah.

Keputusan itu diumumkan saat otoritas setempat mempersiapkan Hagia Sophia jadi masjid.

Otoritas di Turki pada minggu lalu mulanya mengatakan mosaik itu kemungkinan akan ditutup dengan tirai atau laser saat ibadah pertama dijadwalkan berlangsung pada 24 Juli mendatang.

Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan Hagia Sophia dapat kembali digunakan sebagai masjid pada bulan ini setelah pengadilan memutuskan alih fungsi bangunan itu jadi museum pada 1934 ilegal.

Kebijakan itu sempat memancing kritik masyarakat internasional. 

Hagia Sophia, bangunan bersejarah di Kota Istanbul yang berdiri sejak abad ke-6, pernah menjadi gereja dan masjid sebelum dialihfungsikan sebagai museum.

Dalam sebuah wawancara dengan NTV, juru bicara kepresidenan, Kalin, mengatakan beberapa mosaik yang menunjukkan figur Mary dan Gabriel -- turut dikenal dengan Siti Maryam dan Malaikat Jibril -- akan ditutup dengan tirai saat ibadah shalat berlangsung. Mosaik itu terpasang di arah Kiblat.

Kalin mengatakan mosaik yang menunjukkan gambar Yesus dan figur Kristiani lainnya di Hagia Sophia tidak dianggap masalah karena letaknya tidak sejalan dengan arah Kiblat. Namun, ia belum dapat memastikan apakah mosaik itu akan tetap dibiarkan terbuka selama ibadah.

Juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin mengungkapkan nasib sejumlah mosaik yang menunjukkan figur-figur Kristiani di Hagia Sophia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close