Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Turunkan Stunting, Menko PMK Revitalisasi Program Perencanaan Keluarga

Selasa, 25 Agustus 2020 – 20:47 WIB
Turunkan Stunting, Menko PMK Revitalisasi Program Perencanaan Keluarga - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy berbicara soal kampanye masker di masyarakat. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, angka kasus stunting di Indonesia masih cukup tinggi, yakni 27,67 persen.

Itu sebabnya, Presiden Joko Widodo menargetkan angka stunting pada 2024 turun hingga 14 persen. 

"Perlu langkah di luar kebiasaan atau extraordinary untuk mencapai target yang ambisius itu. Di antaranya menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mencegah stunting sebelum pernikahan terjadi," terang Muhadjir, Selasa (25/8).

Dia menyampaikan, perencanaan keluarga sangat berperan penting untuk mengurangi angka stunting, termasuk perencanaan keluarga baru atau perencanaan calon pengantin. Karenanya program perencanaan keluarga akan direvitalisasi dan digalakkan.

Menyambung Menko PMK, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menjelaskan, ada beberapa program yang akan dilakukan untuk mencegah stunting, yaitu program perencanaan kehamilan untuk menjaga jarak kehamilan yang juga menentukan kualitas anak, dan perencanaan pra nikah.

Mengenai perencanaan pranikah, Hasto mengatakan, akan ada edukasi tentang kesehatan reproduksi yang baik dan mempersiapkan kehamilan yang sehat. Pendekatan tersebut perlu dilakukan sejak dini, termasuk persiapan psikologi dan ekonomi.

"Nasehat pak menko untuk kami berikan persiapan pengantin kemudian memberikan pranikah ini jadi penting sekali," ujarnya

"Kami akan bekerja di situ, di hulu memberi konseling pra nikah mencegah terjadinya stunting membei pemahaman tentang kesehatan reproduksi," pungkas Hasto. (esy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Persoalan stunting menjadi tantangan dalam pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas. 

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close