Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tutup Halakah Harlah NU, Nusron Beber Strategi Nahdiyin Sukseskan PSR & Hutan Sosial

Minggu, 06 Maret 2022 – 18:08 WIB
Tutup Halakah Harlah NU, Nusron Beber Strategi Nahdiyin Sukseskan PSR & Hutan Sosial - JPNN.COM
Ketua Panitia Harlah ke-99 NU Nusron Wahid menutup Halaqah Lingkungan Hidup, Temu UMKM dan Petani Sawit yang digelar di GOR Dempo Jakabaring Sport City (JSC), Sabtu (5/3). Foto: PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Perayaan Harlah ke-99 Nahdlatul Ulama (NU) Wilayah Barat yang dipusatkan di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), berakhir pada Sabtu (5/3). Isu lingkungan dan sawit menjadi tema pokok pada perayaan ultah organisasi nahdiyin tersebut.

Acara itu pun diisi dengan halakah yang mengusung tema lingkungan. Selama dua hari pada 4-5 Maret, ratusan perwakilan pengurus NU dari tingkat provinsi (PWNU), kabupaten (PCNU), dan kecamatan (MWCNU) se-Sumsel hadir pada Halaqah Lingkungan Hidup, Temu UMKM dan Petani Sawit yang digelar di GOR Dempo Jakabaring Sport City (JSC) itu.

Ketua Panitia Harlah ke-99 NU H Nusron Wahid menyatakan halakah itu menghasilkan tiga rumusan. Pertama, Koperasi Petani Sawit Nahdlatul Ulama (Koptasinu) akan menampung permohonan dari petani yang akan mengikuti program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

“Nanti status teman-teman semua di cabang dan wilayah adalah menjadi operator dalam melaksanakan program ini,” ujar Nusron saat menutup halakah itu, sebagaimana siaran pers Panitia Harlah ke-199 NU.

Rumusan kedua ialah strategi tentang program perhutanan sosial. Nusron mengatakan pengurus ranting, MWCNU, dan PCNU se-Sumatra harus memiliki koperasi.

Anggota DPR dari Partai Golkar itu mengatakan strategi tersebut untuk mendorong nahdiyin partisipasi dalam akselerasi distribusi perhutanan sosial kepada masyarakat yang belum mempunyai lahan untuk kegiatan produktif.
 
Oleh karena itu, rumusan ketiga hasil halakah tersebut ialah pembentukan koperasi. “Mohon masing-masing PWNU dan PCNU dikoordinasikan untuk menindaklanjutinya paling lambat satu bulan,” tutur Nusron.

Tokoh muda nahdiyin asal Kudus, Jawa Tengah itu juga menutup seluruh rangkaian Harlah ke-99 NU Wilayah Barat. Oleh karena itu, Nusron menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak, termasuk panitia dan peserta, yang menyukseskan perhelatan tersebut.

Menurutnya, perayaan harlah tersebut padat dengan berbagai agenda. Ada 9 rangkaian kegiatan sejak Kamis (3/3) hingga Sabtu (5/3).

Nusron Wahid mengucapkan apresiasinya kepada pihak-pihak yang telah menyukseskan Harlah ke-99 NU Wilayah Barat di Palembang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close