Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UKMK Sawit Diharapkan Bisa Mengurangi Angka Kemiskinan di Sulbar

Kamis, 05 Oktober 2023 – 03:10 WIB
UKMK Sawit Diharapkan Bisa Mengurangi Angka Kemiskinan di Sulbar - JPNN.COM
Sawit. Ilustrasi/Foto: Rizki Ganda Marito/jpnn.com

jpnn.com, MAMUJU - Asisten III Setda Provinsi Sulawesi Barat Jamil Barambangi mengatakan pengembangan industri kelapa sawit akan memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap aspek pertumbuhan ekonomi, terutama dalam menekan angka kemiskinan ekstrem di Sulawesi Barat.

Selain itu, perlu didorong adanya regenerasi petani kelapa sawit di Indonesia, khususnya di Sulawesi Barat sehingga dapat menjaga keberlanjutan sawit Indonesia dan selalu mengkampanyekan kebaikan-kebaikan perkelapasawitan nasional.

"Pemerintah mengharapkan agar program dan kegiatan dalam memajukan perkebunan kelapa sawit supaya tetap berkelanjutan," ujar Jamil saat membuka Focus Group Discussion (FGD) 'UKMK Sawitku Hebat' Membangun Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) Berbasis Kelapa Sawit di Grand Maleo Hotel, Mamuju,pada Selasa (3/10).

Dalam kegiatan yang berkolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (ASPEKPIR) tersebut, Jamil mengharapkan muncul ide cemerlang dan gagasan baru untuk mendongkrak perekonomian Provinsi Sulbar.

"Melalui gagasan baru yang dihasilkan, betul betul kedepannya bisa menguntungkan dan membantu pemerintah Sulawesi Barat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini," tutur Jamil.

Kepala Divisi KUKM BPDPKS Helmi Muhansyah menjelaskan, komoditi kelapa sawit menjadi komoditi strategis dalam mendorong perekonomian dan sebagai sektor penyumbang devisa negara yang sangat besar setiap tahunnya.

Dijelaskan berbagai produk turunan sawit yang dapat dikembangkan, olehnya melalui FGD ini dapat mewujudkan pengembangan sawit berkelanjutan.

"Tidak semua masyarakat mengetahui turunan sawit. Sehingga kedepan bagaimana mengembangkan sawit ini terus berkelanjutan," ungkapnya.

Perlu didorong adanya regenerasi petani kelapa sawit di Indonesia, khususnya di Sulawesi Barat sehingga dapat menjaga keberlanjutan sawit Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close