Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ulat Sagu, Rahasia Peraih Medali Emas Binaraga PON Papua

Selasa, 05 Oktober 2021 – 08:59 WIB
Ulat Sagu, Rahasia Peraih Medali Emas Binaraga PON Papua - JPNN.COM
Peraih emas cabor binaraga kelas 75 kg PON Papua Edoardus Apcowo berpose dengan medali emas di Auditorium Uncen, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (4/10). Foto: ANTARA/Andi Firdaus

jpnn.com, JAYAPURA - Atlet binaraga peraih emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 Oto Gideon Wantik membeberkan salah satu kunci suksesnya menorehkan prestasi.

Ulat sagu!

Oto mengatakan ulat sagu menjadi alternatif asupan protein hewani yang efektif otot.

"Ulat sagu proteinnya bagus. Papua kaya dengan protein yang begitu luar biasa. Saya kira di Papua tidak ada yang kurang," kata peraih emas PON XX Papua kelas 65 kg itu di Jayapura Senin (4/10).

Laporan penelitian menyebutkan bahwa larva dari kumbang merah kelapa (Rhynchophorus ferrugenesis) yang kerap bertelur di pucuk pohon sagu berprotein 9,34 persen atau hampir separuh dari daging merah yang mencapai 28 gram lebih protein per 100 gram konsumsi.

Selain itu, santapan khas Papua itu juga mengandung beberapa asam amino esensial, seperti asam aspartat (1,84 persen), asam glutamat (2,72 persen), tirosin (1,87 persen), lisin (1,97 persen), dan methionin (1,07 persen).

Oto meyakini bahwa ulat sagu mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Kandungan asam lemak pada ulat sagu juga mampu menghalau peradangan pada tubuh dan menurunkan kadar trigliserida pada tubuh sehingga jantung akan menjadi lebih sehat.

Peraih medali emas binaraga PON Papua mengungkap ulat sagu menjadi alternatif asupan protein.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close