Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

Jumat, 19 April 2024 – 20:03 WIB
UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace - JPNN.COM
UMKM Indonesia bersaing di tingkat dunia lewat marketplace. Ilustrator: Ardissa Barack/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Dalam rangka program literasi digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan webinar penguatan keterampilan digital masyarakat Indonesia bernama #MakinCakapDigital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Jawa Tengah dengan "Digitalisasi UMKM Melalui Marketplace", Kamis (18/4/2024).

Kali ini hadir pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2024 yang ahli di bidangnya untuk berbagai bidang, antara lain Praktisi Literasi Digital, Pendidikan & UMKM Agus Andira, CEO Berditigal.com Bayhaqi, dan Inspirator Dasterpreneur di PT MSI dan PT Berkah Amanah Selalu Azura.

Survei terbaru dari We Are Social dan Kepios 2022 menyebutkan, pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, kini bahkan mencapai 204 juta pengguna atau sudah digunakan oleh 73,7 persen penduduk Indonesia.

Sejumlah 80,1 persen penduduk Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi dan dapat menghabiskan waktu 8 jam 36 menit dalam satu hari menggunakan internet.

"Berdasarkan survei, potensi pemasaran digital di Indonesia itu sangat besar. Populasi Indonesia ada 278,7 juta orang dan 46,1 persennya itu tujuan utamanya menggunakan internet adalah untuk mencari produk dan brand. Bahkan situs dan aplikasi yang paling banyak dikunjungi 81 persennya adalah situs aplikasi belanja," kata Praktisi Literasi Digital, Pendidikan & UMKM Andira.

Dari potensi tersebut, Andira menjelaskan potensi marketplace atau lokapasar sebagai tempat jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli.

Marketplace tidak selalu memiliki inventori sendiri, melainkan berperan sebagai perantara dan memungut biaya komisi dari transaksi.

Setidaknya ada lima manfaat marketplace yang disampaikan oleh Andira, diantaranya konsumen dapat belanja dari mana saja, variasi produk yang luas, harga yang kompetitif, konsumen dapat membaca ulasan, dan keterjangkauan yang lebih luas.

Dalam rangka program literasi digital, Kemenkominfo menyelenggarakan webinar Digitalisasi UMKM Melalui Marketplace.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close