Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
B20 Summit India

UMKM Perlu Akses Pendanaan dan Teknologi untuk Percepat Transisi Energi di Indonesia

Jumat, 25 Agustus 2023 – 16:38 WIB
UMKM Perlu Akses Pendanaan dan Teknologi untuk Percepat Transisi Energi di Indonesia - JPNN.COM
Senior Vice President Research & Technology Innovation Pertamina Oki Muraza (kiri) saat menyampaikan presentasi tentang pentingnya keterlibatan UMKM dalam transisi energi di Indonesia dalam forum BNEF yang berlangsung di New Delhi, India pada Kamis (24/8). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, NEW DELHI - Senior Vice President Research & Technology Innovation Pertamina Oki Muraza memaparkan pentingnya keterlibatan UMKM dalam transisi energi di Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam presentasinya dalam forum BNEF yang berlangsung di New Delhi, India pada Kamis (24/8).

Oki menyampaikan transisi energi di Indonesia harus melibatkan UMKM yang memiliki porsi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Untuk itu, perlu ada akses terhadap pendanaan dan teknologi agar UMKM dapat maksimal menjalankan perannya sebagai penyedia kebutuhan masyarakat dan lapangan pekerjaan sehingga masyarakat pedesaan bisa meningkatkan pendapatannya.

Dia menjelaskan pentingnya keterlibatan UMKM dalam transisi energi di Indonesia, karena pihaknya memerlukan peran masyarakat dalam penyediaan bahan baku yang dibutuhkan untuk pengembangan energy low carbon.

Dalam proses itu, lanjut Oki dalam paparannya, ada Job Creation yang bisa dinikmati masyarakat dan pada saat yang sama korporasi juga mendapatkan manfaat dari karbon kreditnya.

“Tantangannya adalah akses terhadap capital atau pendanaan dan akses terhadap teknologi kepada UMKM agar mereka dapat maksimal memainkan perannya dalam transisi energi dengan memberikan keuntungan kepada masyarakat dan korporasi,” kata Oki.

Karena itu, kata Oki, sebagai negara berkembang yang memiliki banyak sumber daya alam yang berlimpah di dalam negeri, Indonesia mendorong agar negara maju dapat memberikan arus pendanaan.

Oki Muraza menyampaikan perlunya akses pendanaan dan teknologi bagi UMKM untuk mempercepat transisi energi di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close