Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Uni Eropa Bekukan Proses Integrasi Georgia

Selasa, 09 Juli 2024 – 23:20 WIB
Uni Eropa Bekukan Proses Integrasi Georgia - JPNN.COM
Uni Eropa. Foto: EU

jpnn.com, BRUSSELS - Proses integrasi Georgia ke dalam Uni Eropa telah ditangguhkan, kata Duta Besar Uni Eropa untuk Georgia, Pawel Herczynski, pada Selasa."Dengan sangat menyesal, proses akses Georgia ke Uni Eropa dihentikan untuk saat ini — sebagaimana keputusan para pemimpin Uni Eropa pada Dewan Eropa terakhir," kata Herczynski.

Dubes Uni Eropa untuk Georgia itu juga menyatakan Uni Eropa telah membekukan dukungan untuk Georgia dari Fasilitas Perdamaian Eropa - sebesar 30 juta euro (sekitar Rp580 miliar) untuk tahun 2024.

"Langkah-langkah lain sedang dipertimbangkan jika situasinya semakin memburuk," kata Herczynski kepada wartawan.

Uni Eropa berencana membatasi dukungan langsungnya kepada pihak berwenang Georgia, sambil meningkatkan dukungan untuk masyarakat sipil dan media di Georgia, kata Herczynski.

Uni Eropa diharapkan akan menerbitkan laporan tentang perluasan untuk seluruh kandidat yang ingin bergabung dengan Uni Eropa pada Oktober mendatang.

Para pemimpin Uni Eropa akan membuat keputusan tentang langkah-langkah selanjutnya pada Desember.

Duta besar tersebut mengatakan bahwa dia tidak melihat adanya peluang bagi Georgia untuk melanjutkan integrasi dengan Eropa tahun ini.

Para pemimpin Uni Eropa mengharapkan pemerintah Georgia untuk memperjelas situasi negara itu pada saat ini.

Duta besar tersebut mengatakan bahwa dia tidak melihat adanya peluang bagi Georgia untuk melanjutkan integrasi dengan Eropa tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA