Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Uni Irma: Food Estate Tidak Bisa Dikatakan Gagal

Kamis, 28 September 2023 – 09:10 WIB
Uni Irma: Food Estate Tidak Bisa Dikatakan Gagal - JPNN.COM
Presiden Jokowi saat meninjau kawasan food estate di Kalimantan Tengah. Foto/Ilustrasi: dok. Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago menilai program food estate yang dijalankan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak bisa dikatakan gagal.

Menurut Uni Irma, program food estate adalah program jangka panjang pemerintah Jokowi - Ma'ruf Amin, sehingga hasilnya tidak bisa diharapkan instan.

Dia menyebut program tersebut dibuat dalam rangka memperkuat ketahanan pangan Indonesia ke depan.

Dalam pelaksanaannya, tanah yang dijadikan food estate harus diolah terlebih dahulu agar PH tanahnya sesuai dengan tanaman yang akan ditanam. Kemudian mempersiapkan irigasi selain alsintan yang modern.

"Saya berpendapat tidak bisa dikatakan program ini gagal, hanya karena saat ini produksi beras turun yang kemudian berakibat harga beras naik," ujar Uni Irma.

Politikus Senayan itu menyebut dari data yang dimilikinya, kekeringan akibat El Nino menyebabkan petani tidak bisa tanam. Kondisi tersebut mengakibatkan produksi dalam negeri turun dan akibatnya harga beras naik.

"Sementara food estate masih berproses, cetak sawah baru, kan, harus di-support dengan irigasi. Selain itu, food estate juga bukan melulu sawah untuk padi, tetapi juga untuk bawang (palawija," tuturnya.

Oleh karena itu, jika ingin ke depan food estate menghasilkan padi dan palawija sesuai target jangka panjang, maka yang harus dilakukan pemerintah adalah membuat irigasi yang modern karena problem utama pertanian adalah irigasi dan pupuk.

Politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago menyebut program food estate tidak bisa dikatakan gagal hanya karena produksi padi turun dan harga beras naik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close