Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Universitas Indonesia & Yandex Berkolaborasi, Bahas soal Masa Depan AI

Kamis, 28 Maret 2024 – 17:44 WIB
Universitas Indonesia & Yandex Berkolaborasi, Bahas soal Masa Depan AI - JPNN.COM
Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan perusahaan teknologi internasional Yandex menggelar seminar komprehensif mengenai kecerdasan buatan (AI). Foto: dok Yandex

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) melakukan kerja sama dengan perusahaan teknologi internasional Yandex menggelar seminar komprehensif mengenai kecerdasan buatan (AI).

Kolaborasi UI dan Yandex bertujuan untuk mengawal AI dalam diskursus yang inovatif, juga mencapai keseimbangan beretika dalam pemanfaatannya.

VP Strategy Yandex Search, Alexander Popovskiy mengatakan ini merupakan suatu kehormatan besar bisa hadir di Universitas Indonesia dan mengikuti seminar yang mengangkat pertanyaan mendasar tentang masa depan AI.

"Acara ini menandakan langkah penting menuju masa depan di mana AI tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk kepentingan masyarakat, tetapi juga mematuhi standar keselamatan dan etika,” kata dia.

Sementara itu, Dekan FMIPA UI, Prof Alhadi Bustamam mencatat ada beberapa masalah yang mungkin terjadi di masa depan, termasuk ketergantungan ilmu data pada ketersediaan data, kekhawatiran seputar privasi dan keamanan, dan potensi penyalahgunaan AI.

"Kami mengeksplorasi cara matematika, ilmu data, dan AI dapat membantu mengatasi tantangan dunia nyata dengan meningkatkan proses pengambilan keputusan, mitigasi risiko, mendeteksi penipuan, dan menganalisis tren untuk perbaikan berkelanjutan," tuturnya.

Direktur Pengembangan AI Yandex, Alexander Krainov mengatakan pemanfaatan AI modern ini lekat dengan proses eksperimentasi dalam sejarahnya.

Menurutnya, evolusi AI hingga saat diperkenalkannya AlexNet pada 2012, menunjukkan kemampuan jaringan saraf dalam melakukan tugas pengenalan gambar, dan model pertama yang dapat menghasilkan gambar, musik, dan teks.

Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan perusahaan teknologi internasional Yandex menggelar seminar komprehensif mengenai kecerdasan buatan (AI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close