Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Upaya Facebook Memerangi Penyebaran Hoaks di Instagram

Kamis, 19 Desember 2019 – 03:02 WIB
Upaya Facebook Memerangi Penyebaran Hoaks di Instagram - JPNN.COM
Ilustrasi ketiga aplikasi Facebook, WhatsApp dan Messenger. Foto : The Times

jpnn.com - Facebook Inc memperketat pengamanan terhadap penyebaran informasi hoaks di platform berbagi foto dan video miliknya, Instagram.

"Hari ini kami memperluas program pengecekan fakta kami secara global, organisasi pengecek fakta di seluruh dunia bisa menilai misinformasi di platform kami," kata Instagram di blog resmi Facebook.

Jika sebuah konten dinilai salah, atau sebagian salah, oleh pengecek fakta pihak ketiga, Instagram akan mengurangi sebaran konten tersebut dengan menghapus konten dari tab Explore dan laman untuk tanda pagar.

Instagram akan melabeli konten tersebut agar pengguna bisa memutuskan konten apa yang mereka lihat, baca, percayai dan bagikan.

"Label ini akan terlihat oleh semua orang yang melihat konten tersebut, di laman utama, profil, stories dan direct message," kata Instagram.

Instagram menggunakan teknologi image matching, atau pencocokan gambar, untuk mengenali konten yang bermasalah dan memberi label pada konten tersebut. Teknologi tersebut juga dapat mengenali secara otomatis konten yang sudah dilabeli di platform Facebook.

Jika konten sudah dilabeli di Facebook, Instagram secara otomatis juga akan memberi label yang sama pada konten tersebut, begitu juga sebaliknya.

Label di Instagram akan memberi tautan ke sumber terpercaya yang sudah men-debunk hoaks tersebut.

Facebook Inc berupaya memperketat pengamanan, terhadap penyebaran informasi hoaks di Instagram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close