Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Upaya Untuk Mencari Warga Keturunan Makassar dan Aborigin Sedang Dilakukan

Senin, 13 Februari 2023 – 23:59 WIB
Upaya Untuk Mencari Warga Keturunan Makassar dan Aborigin Sedang Dilakukan - JPNN.COM

Penemuan foto-foto hitam-putih yang sudah lama terlupakan di sebuah perpustakaan Italia membuktikan jika sekelompok warga Pribumi Australia pernah membentuk sebuah komunitas di Asia Tenggara, sekitar 150 tahun lalu.

PERINGATAN: Pembaca Aborigin dan Torres Strait Islander telah diperingatkan bahwa artikel ini memuat gambar-gambar orang yang telah meninggal.

Foto-foto yang menarik perhatian ini diambil di kota Makassar pada tahun 1970-an dengan menampilkan puluhan pemuda Aborigin dan anak-anak mereka dari Australia Utara.

Penemuan foto-foto ini juga menguatkan laporan tertulis dan lisan yang menggambarkan warga suku Aborigin pernah pindah ke luar negeri untuk mengunjungi para nelayan dari Asia.

Beberapa dari mereka melakukannya sebelum bangsa Inggris bermukim di Australia Utara, tapi ada juga yang tercatat melakukannya di tahun 1600-an.

Ada juga beberapa deskripsi yang langsung digambarkan sendiri oleh warga Aborigin yang pernah tinggal di Makassar.

Penemuan foto-foto ini memicu pencarian keturunan secara global, dengan potensi melakukan pengujian DNA untuk mengungkap seberapa besar migrasi dari Australia utara ke Asia Tenggara.

Profesor Jane Lydon, yang menemukan foto-foto ini di sebuah perpustakaan di Roma, mengatakan penemuan itu menantang pandangan soal warga Aborigin, yang dianggap hanya pasif mendiami benua Australia sebelum kedatangan bangsa Eropa.

Pelacakan keturunan warga Aborigin yang pernah menetap di Makassar ratusan tahun lalu sedang diupayakan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close