Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Urus RPH, Pemda Jangan Hanya Mikir PAD

Rabu, 24 Agustus 2011 – 21:39 WIB
Urus RPH, Pemda Jangan Hanya Mikir PAD - JPNN.COM
BANDUNG -- Satu dari lima Rumah Potong Hewan (RPH) di Kota Bandung, Jawa Barat, kondisinya memprihatinkan dan tak terurus. Hal itu diakui oleh Komisi IV DPR RI dan Kementerian Pertanian saat melakukan kunjungan kerja ke RPH di Ciroyom, Bandung, Rabu (23/8).

Ironisnya, RPH itu merupakan milik Pemerintah Daerah yang telah berdiri sejak tahun 1939, yang letaknya berada di tengah-tengah pemukiman penduduk. Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Prabowo Respatio mengakui, bahwa memang dari 663 RPH yang ada di Indonesia, hanya 13 RPH yang memenuhi syarat.

"Ini masih jauh dari persyaratan, termasuk yang di sini (Ciroyom). Memang RPH ini tidak dipelihara,"  kata Prabowo. Menurut dia, di Kementan ada program revitalisasi RPH pada 2012 dengan dana dari pemerintah pusat Rp15 miliar.

Dia berharap dari pemerintah daerah juga menyiapkan Rp15 miliar untuk revitalisasi itu. Revitalisasi, kata dia, akan dilakukan secara bertahap dengan harapan setiap kabupaten kta memilihi RPH yang memenuhi standard.

BANDUNG -- Satu dari lima Rumah Potong Hewan (RPH) di Kota Bandung, Jawa Barat, kondisinya memprihatinkan dan tak terurus. Hal itu diakui oleh Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA