Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

USBN SD 8 Mata Pelajaran Mulai 2018 Kurang Sosialisasi

Senin, 25 Desember 2017 – 06:18 WIB
USBN SD 8 Mata Pelajaran Mulai 2018 Kurang Sosialisasi - JPNN.COM
Siswa SD. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) akan diterapkan di tingkat SD, yang akan dimulai 2018 mendatang.

Hanya saja, tampaknya Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) kurang gencar melakukan sosialisasi atas kebijakan baru itu.

Padahal, perubahan ini cukup signifikan, yakni menambah mata pelajaran (mapel) di ujian sekolah (US) dari tiga menjadi delapan di USBN.

Meski begitu, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda Muhammad Wahiddin mengatakan, siswa dan orangtua tidak perlu khawatir.

Sebab, selama ini pembelajaran sudah mengikuti standar kemampuan siswa. Sebanyak apapun mata pelajaran yang diujikan tak masalah. Sekolah, guru, dan siswa mestinya siap.

”Saya baru tahu, tapi tidak perlu khawatir. Tinggal sekolah saja sudah mengikuti standar dan proses pembelajaran yang ditentukan atau tidak. US atau USBN itu kan hanya sebagai evaluasi. Kalau diperluas polanya ya tidak perlu dikhawatirkan,” ujar Wahiddin, Minggu (24/12).

Menurut dia, pembagian soal USBN yang 25 persen dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan 75 persen dari pemerintah daerah merupakan hal yang lazim.

Jadi, metode evaluasi yang dibuat sedemikian rupa untuk mengevaluasi keberhasilan proses pembelajaran.

Kebijakan baru penerapan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di tingkat SD dengan delapan mata pelajaran dimulai 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close