Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

USD Dorong Akademisi Berperan Aktif dalam Dinamika Politik Indonesia

Kamis, 21 Desember 2023 – 22:08 WIB
USD Dorong Akademisi Berperan Aktif dalam Dinamika Politik Indonesia - JPNN.COM
Ki-Ka: Rektor USD Albertus Bagus Laksana SJ, Ph.D, bersama para pembicara: Dr. Haryatmoko SJ, Dr. Arie Sudjito, Aria Bima dan moderator, Paulus Sarwoto Ph.D. Foto dok. USD

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Sanata Dharma (USD) mendorong perguruan tinggi dan akademisi ikut berperan dalam dinamika politik Indonesia.

Dorongan tersebut terungkap dalam seminar ilmiah dosen dengan tema 'Peran Perguruan Tinggi dan Akademisi dalam Dinamika Politik Indonesia Kini' baru-baru ini.

Seminar yang dimoderatori Paulus Sarwoto, Ph. D. (Magister Kajian Bahasa Inggris), ini mengundang tiga narasumber, yakni Dr. Arie Sudjito, S.Sos., M.Si (Sosiolog dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengabdian Masyarakat UGM), Dr. Johannes Haryatmoko, SJ (Dosen Magister Filsafat Keilahian USD), dan Aria Bima (Wakil Ketua Komisi VI DPR R1 2019-2024) 

Rektor Universitas Sanata Dharma Albertus Bagus Laksana, SJ, SS, Ph.D, mengungkapkan kegiatan ini menjadi rangkaian acara Dies Natalis ke-68 USD sekaligus bentuk keprihatinan kampus dan akademisi terhadap dinamika politik yang berkembang.

Dia menilai dinamika politik dalam kaitannya dengan pemilu akhir-akhir ini menunjukkan pelbagai macam kejutan seperti arah politik yang diarahkan ke kepentingan yang sangat sempit dan kepentingan keluarga dengan memakai jalur-jalur fundamental konstitusional. 

"Semoga seminar ini bisa menjadi media untuk ikut berwacana di simpang jalan kritis demi menentukan bangsa ini ke depannya, menyambut Indonesia Emas 2045,” ungkap Romo Bagus dalam pernyataannya dikutip Kamis (21/12).

Pada kesempatan sama, Arie Sudjito mengatakan peran kampus adalah sebagai institusi penggerak dan pengawal demokrasi, menuntut perguruan tinggi merumuskan masalah bersama. 

Kolaborasi penelitian dan publikasi akademis lintas-perguruan tinggi, membangkitkan kedaulatan produksi pengetahuan dalam negeri dan membangun mazhab kritis bersama, memperkuat publikasi dalam negeri bertaraf internasional, tidak semata melayani publikasi internasional di negara lain.

Universitas Sanata Dharma (USD) dorong akademisi berperan aktif dalam dinamika politik Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close