Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ushaka, Wisata Pantai di Durban

Jumat, 18 Juni 2010 – 07:20 WIB
Ushaka, Wisata Pantai di Durban - JPNN.COM
HIBUR - Aksi seniman pantomim yang menggoda seorang ibu, di depan pintu masuk restoran cepat saji di kawasan uShaka. Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos.
Wisatawan yang datang ke Durban, hampir pasti akan mampir ke Ushaka (ditulis "uShaka", Red), wisata pantai di kota itu. Menyongsong Piala Dunia, Pemkot Durban merenovasi besar-besaran lokasi wisata tersebut.

Catatan KURNIAWAN MUHAMMAD, Durban

MENJELANG matahari terbit, pemandangan di uShaka sangat indah. Kawasan wisata pantai yang terletak di areal Jalan Marine Parade itu termasuk dalam pengawasan ketat pihak keamanan setiap kali ada pertandingan di Stadion Moses Mabhida.

Tak sembarang mobil boleh masuk. Yang boleh melintas hanya mobil-mobil milik penghuni hotel atau apartemen di areal tersebut. Itu pun mereka harus punya semacam kartu khusus yang harus dipesan sebelumnya.

Menurut Kathy, warga Durban yang sudah empat tahun tinggal di apartemen dekat uShaka, tempat wisata pantai itu direnovasi besar-besaran sejak enam bulan sebelum Piala Dunia. "Sebulan sebelum world cup renovasi selesai," kata perempuan yang bersuamikan Syaiful, warga Indonesia itu.

Semula, areal uShaka tak begitu luas. Sekarang, dari uShaka pengunjung bisa menyusuri pantai menuju ke arah Stadion Moses Mabhida. Lebar jalan menuju stadion itu sekitar delapan meter dipaving. Di sepanjang jalan itu, dibangun beberapa restoran dan fasilitas umum, seperti toilet dan air pancuran, tempat bilas bagi yang baru mandi di pantai.

loading...