Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ustaz Sahabat Ganjar Tanam Bibit Mangrove Untuk Cegah Abrasi di Desa Selotong

Sabtu, 21 Oktober 2023 – 19:37 WIB
Ustaz Sahabat Ganjar Tanam Bibit Mangrove Untuk Cegah Abrasi di Desa Selotong - JPNN.COM
Penanaman mangrove yang dilakukan Ustaz Sahabat Ganjar di Langkat. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, LANGKAT - Sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar terus memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat. Salah satunya yakni upaya konservasi lingkungan dengan penanaman bibit mangrove guna memitigasi terjadinya abrasi di wilayah pesisir.

Kurang lebih ada ratusan bibit tanaman mangrove yang diserahkan untuk ditanam bersama masyarakat di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

Koorda Usbat Ganjar Kabupaten Langkat, Muhammad Rizki mengungkapkan aksi ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat yang resah atas terjadinya abrasi di wilayah tersebut setiap beberapa bulan sekali.

"Kegiatan ini permintaan dari masyarakat karena kejadian-kejadian yang selama ini telah terjadi baik itu abrasi dan juga banjir sehingga datang masyarakat ke kami bagaimana edukasi Penanaman mangrove ini bisa dilaksanakan di desa ini karena kejadian-kejadian tersebut," kata Rizki dalam siaran persnya, Sabtu (21/10).

Momentum kebersamaan itu menciptakan suasana kekeluargaan dan keakraban di antara mereka.

Semangat untuk merawat kelestarian lingkungan alam diperlihatkan dengan aksi penanaman bersama kali ini.

Pohon mangrove atau juga dikenal juga dengan bakau adalah jenis tanaman yang tumbuh di semak-semak atau hutan lebat di muara, rawa, atau pantai.

Penanaman mangrove berguna untuk membantu menstabilkan ekosistem dan mencegah abrasi. Selain menanam bersama, Usbat Ganjar Sumut juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait budidaya tanaman mangrove tersebut.

Sukarelawan Ustaz Sahabat Ganjar menanam bibit mangrove sebagai upaya mencegah abrasi pantai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close