Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ustaz Solmed Ingatkan Pentingnya Ziarah Makam Menjelang Ramadan

Minggu, 19 Maret 2023 – 23:33 WIB
Ustaz Solmed Ingatkan Pentingnya Ziarah Makam Menjelang Ramadan - JPNN.COM
Ustaz Solmed Ingatkan Pentingnya Ziarah Makam Menjelang Ramadan. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, KARAWANG - Penceramah Ustaz Solmed mengatakan ziarah makam menjadi momen baik untuk mengingatkan tentang kehidupan akhirat dan memperkuat silaturahmi dengan keluarga atau teman yang meninggal.

Namun, berziarah dengan cara baik dan benar, serta tidak bertentangan dengan ajaran agama. Ustaz Solmed mengatakan hal tersebut dalam ceramahnya di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (18/3).

Menjelang Ramadan, tradisi ziarah kubur sudah melekat di masyarakat. Saat ziarah bukan hanya mendoakan keluarga yang telah meninggal, tetapi merawat dan membersihkan makam.

Rasulullah sempat melarang umatnya untuk melakukan ziarah kubur, karena pada masa awal-awal Islam kondisi keimanan pengikut nabi masih lemah dengan pola pikir yang didominasi dengan kemusyrikan.

Seiring perkembangan waktu, ziarah kubur dianjurkan dalam ajaran Islam karena dapat mengingatkan akan akhirat serta memperkuat iman seseorang.

Oleh karena itu, penting dalam berziarah kubur untuk memahami nilai-nilai yang sesuai dengan syariah Islam, seperti ziarah akbar yang digelar di Al Azhar Memorial Garden.

Ziarah kubur yang disyariatkan bertujuan untuk mengingat mati, akhirat, serta memberikan salam dan mendoakan atau memohonkan ampun untuk ahli kubur.

"Kalau sudah wafat terputuslah semua amal, tidak bisa ibadah lagi, tidak bisa sedekah lagi, tak bisa lagi melakukan kebaikan di dunia, kecuali tiga amal yang dipunya, satu ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah, doa dari anak soleh," kata Ustaz Solmed.

Ustaz Solmed mengingatkan pentingnya ziarah makam menjelang Ramadan, Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close