Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Utang Luar Negeri Indonesia April 2023 Turun menjadi USD 403,1 Miliar

Kamis, 15 Juni 2023 – 12:35 WIB
Utang Luar Negeri Indonesia April 2023 Turun menjadi USD 403,1 Miliar - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono. ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak

jpnn.com - JAKARTA - Bank Indonesia melaporkan bahwa utang luar negeri Indonesia pada April 2023 turun menjadi USD 403,1 miliar dari akhir Maret 2023 yang sebesar USD 403,3 miliar.

Dengan perkembangan tersebut, ULN Indonesia secara tahunan mengalami kontraksi pertumbuhan 1,3 persen (year-on-year/yoy), melanjutkan kontraksi pada bulan sebelumnya, 1,8 persen (yoy).

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan kontraksi pertumbuhan ULN ini terutama bersumber dari penurunan ULN sektor swasta.

Adapun ULN pemerintah tetap terkendali, yang tercatat sebesar USD 194,1 miliar, relatif stabil dibandingkan dengan posisi bulan sebelumnya USD 194 miliar. Secara tahunan, posisi ULN pemerintah tumbuh 1,8 persen (yoy) setelah mengalami kontraksi 1,1 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

Perkembangan ULN tersebut dipengaruhi oleh penempatan investasi portofolio di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik seiring dengan sentimen positif pelaku pasar global yang tetap terjaga.

Penarikan ULN pemerintah pada April 2023 masih diutamakan untuk mendukung pembiayaan sektor produktif dan prioritas, khususnya untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian perekonomian global.

Dia menyebutkan pemerintah terus berkomitmen mengelola ULN secara hati-hati, efisien, dan akuntabel, termasuk menjaga kredibilitas dalam memenuhi kewajiban pembayaran pokok dan bunga secara tepat waktu.

Berdasarkan sektor ekonomi, ULN pemerintah mencakup antara lain sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 24,1 persen dari total ULN pemerintah, administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib 17,9 persen, jasa pendidikan 16,8 persen, konstruksi 14,3 persen, serta jasa keuangan dan asuransi 10,2 persen.

Bank Indonesia menyebut utang luar negeri Indonesia pada April 2023 turun menjadi USD 403,1 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close