Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Varian Delta Telah Menyebar ke 6 Provinsi di Luar Jawa Ini, Waspada!

Selasa, 13 Juli 2021 – 15:25 WIB
Varian Delta Telah Menyebar ke 6 Provinsi di Luar Jawa Ini, Waspada! - JPNN.COM
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin atau BGS mengatakan penyebaran varian Delta saat ini tidak hanya ditemukan di Pulau Jawa.

Menurut Menkes Budi, di beberapa daerah di luar Jawa juga telah ditemukan pasien yang terpapar varian baru Covid-19 itu.

"Lampung, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Papua Barat, Kepulauan Riau dan Bengkulu sekarang sudah masuk di radar kami di luar rumah sakit di Jawa," kata BGS saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Selasa (13/7).

Menurut dia, penularan varian Delta harus dihentikan bersama. Caranya tidak lain dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) 3 M yang ketat.

Penerapan prokes 3M, selain menekan penularan varian Delta juga meringankan kinerja tenaga kesehatan dan menekan angka keterisian tempat tidur di rumah sakit untuk merawat pasien positif Covid-19.

"Mobilitasnya tidak direm, pergerakannya tidak dikurangi, seberapa pun kita tambah kapasitas rumah sakitnya, dokternya, obatnya, dan oksigennya, tidak akan pernah cukup kalau memang penyebaran varian barunya ini tidak ditangani di hulu," kata BGS.

Kemenkes mencatat angka keterisian tempat tidur di rumah sakit yang bisa menangani pasien Covid-19 masih sangat tinggi.

Sebanyak 90 ribu tempat tidur yang diperuntukkan merawat pasien Covid-19 telah terisi. Sedangkan Kemenkes mengalokasikan 120 ribu tempat tidur bagi pasien yang terpapar virus Corona.

Menkes Budi Gunadi Sadikin membeberkan data teranyar penyebaran varian Delta di luar Pulau Jawa, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close