Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

VCO Bisa Sembuhkan Luka Diabetes, juga Untuk Kecantikan

Sabtu, 15 November 2014 – 08:46 WIB
VCO Bisa Sembuhkan Luka Diabetes, juga Untuk Kecantikan - JPNN.COM

jpnn.com - PADANG - Tanaman kelapa ternyata menyimpan banyak manfaat. Salah satunya VCO (Virgin Coconut Oil) yang dihasilkan dari kelapa.

Selain dapat dimanfaatkan untuk makanan, VCO ini juga dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya diabetes.

"Saya sudah pernah mencobakan kepada konsumen saya yang menderita diabetes basah. Setelah VCO itu dioleskan ke lukanya, luka itu langsung kering," kata Suryani, MSi, dalam ujian doktor program pascasarjana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Andalas (Unand), di Ruang Sidang Dekanat FMIPA Unand, kemarin.

Selain berguna untuk obat, kata Suryani, VCO ini juga bermanfaat menunda lapar dan juga bisa digunakan untuk kecantikan. "Bisa digunakan juga untuk pelembab dan membersihkan kulit muka," terangnya.

VCO merupakan minyak kelapa murni yang diproses tanpa pemanasan melainkan dengan fermentasi secara tradisional dengan memanfaatkan mikroba alami. Proses inilah yang diteliti, dikarenakan santan yang mengandung karbohirdrat dan protein itu ketika difermentasi menghasilkan bakteri asam laktat.

Proses inilah yang diteliti karena santan yang mengandung karbohidrat dan protein itu ketika difermentasi menghasilkan bakteri asam laktat.

Bakteri asam laktat seterusnya menghasilkan asam-asam, terutama asam laktat dan berbagai macam produk fermentasi lainnya, salah satunya bakteriosin.
Bakteriosin itu, lanjut Suryani, mempunyai sifat ajaib yakni dapat membunuh bakteri yang merugikan dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri tersebut sehingga bakteri tidak dapat hidup.

Ajaibnya lagi, bakteriosin bisa membedakan bakteri berbahaya dan bakteri yang tidak berbahaya.

PADANG - Tanaman kelapa ternyata menyimpan banyak manfaat. Salah satunya VCO (Virgin Coconut Oil) yang dihasilkan dari kelapa. Selain dapat dimanfaatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close