Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Verifikasi Hambat Importir Kecil

Senin, 02 Februari 2009 – 10:26 WIB
Verifikasi Hambat Importir Kecil - JPNN.COM
JAKARTA- Pengetatan impor lima produk (alas kaki, garmen, elektronik, mainan anak dan makanan-minuman) berlaku sepenuhnya mulai kemarin (1/2/2009). Besarnya biaya verifikasi (penelusuran) yang harus dikeluarkan diperkirakan bakal mematikan importir kecil.

   

“Memang itu yang sangat berat. Dengan aturan itu perdagangan lima produk hanya akan didominasi oleh importir besar," ujar Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia (Gapmmi) akhir pekan lalu. Menurut dia, aturan pengetatan impor itu ditengarai akan mematikan importir-importir kecil yang membeli barang secara retail, karena biaya yang harus dikeluarkan sangat besar.

   

Sebab, menurut Thomas, biaya verifikasi barang impor yang dilakukan oleh surveyor independen dibebankan kepada importir. Selain itu, biaya verifikasi juga dihitung per HS (harmonized system) barang. Dengan begitu, impor satu jenis barang lebih murah dibanding impor campuran. “Kalaupun satu jenis kan volumenya harus besar. Minmal satu kontainer. Berarti bayarnya harus gede," tukasnya.

    

Dia mencontohkan, beberapa restoran membutuhkan bahan baku atau penyedap masakan yang harus diimpor dari negara asalnya. Misal, masakan Italia, Jepang dan lain-lain. Untuk itu mereka terpaksa harus mengimpor barang tersebut. Jika kebutuhannnya hanya sedikit, tidak mungkin mereka mengimpor satu kontainer. Kalaupun mengimpor dalam bentuk satuan, pasti harganya jauh lebih mahal. “Jadi hanya importir besar saja sanggup," terangnya.

    

JAKARTA- Pengetatan impor lima produk (alas kaki, garmen, elektronik, mainan anak dan makanan-minuman) berlaku sepenuhnya mulai kemarin (1/2/2009).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA