Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Versi Pak Jokowi, Tema Rakernas IV PDIP Relevan Terhadap Situasi Global

Sabtu, 30 September 2023 – 04:00 WIB
Versi Pak Jokowi, Tema Rakernas IV PDIP Relevan Terhadap Situasi Global - JPNN.COM
Presiden Jokowi di Rakernas IV PDIP. Foto: tangkapan video

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan tema Rakernas IV PDI Perjuangan sangat relevan terhadap isu geopolitik, karena ke depan ada potensi krisis pangan akibat perubahan iklim dunia.

Dia mengatakan itu saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9).

"Ini menyangkut ancaman perubahan iklim, nyata, dan sangat kita rasakan dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini," kata Jokowi dalam pidatonya, Jumat.

Kepala negara mengatakan perubahan iklim memang membawa dampak pada perubahan kenaikan suhu bumi.

Ujungnya, kata dia, ada potensi kekeringan terjadi di berbagai negara menyusul kemarau panjang dan mempengaruhi pasokan pangan. 

Indonesia, kata Jokowi, sebenarnya punya visi dan rencana ke depan memitigasi kemarau panjang yang mengakibatkan kesulitan pangan.

"Lima sampai sepuluh tahun ke depan visi taktis itu harus kita miliki, plan yang detail, rencana yang detail, sehingga jelas berapa waktu yang harus disiapkan. Berapa embung yang kita harus siapkan, berapa kilometer irigasi yang harus disiapkan, dan kapan itu harus bisa diselesaikan," lanjut Jokowi.

Dia mengatakan perubahan iklim menandakan isu pangan sangat penting seperti yang pernah diungkapkan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan perubahan iklim membawa dampak pada perubahan kenaikan suhu bumi yang berpengaruh terhadap urusan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close