Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Victorius Beber Proses Sritex Vendor Goody Bag Bansos Sembako, Menyebut Sejumlah Nama

Senin, 22 Maret 2021 – 14:23 WIB
Victorius Beber Proses Sritex Vendor Goody Bag Bansos Sembako, Menyebut Sejumlah Nama - JPNN.COM
Direktur Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza Kemensos Victorious Saut Hamonangan Siahaan menjadi saksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (22/3/2021). Foto: ANTARA/Desca Lidya Natalia

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza Kemensos Victorious Saut Hamonangan Siahaan membeberkan kronologis PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) menjadi penyedia goody bag untuk bantuan sosial (bansos) sembako bagi warga terdampak pandemi COVID-19.

Victorious menjelaskan hal tersebut saat dihadirkan sebagai bersaksi untuk dua orang terdakwa, yaitu untuk Harry Van Sidabukke yang didakwa menyuap Juliari senilai Rp1,28 miliar dan Ardian Iskandar Maddanatja yang didakwa memberikan suap senilai Rp1,95 miliar terkait penunjukan perusahaan penyedia bansos sembako COVID-19.

"Saat Maret 2020, saya kedatangan tamu pria dan wanita namanya Nugroho dan Tasya dari Sritex ke ruangan saya dan menyampaikan ingin ketemu Pak Dirjen Limjamsos (Perlindungan dan Jaminan Sosial) Pak Pepen, dan saya konfirmasi ke beliau ternyata bersedia menemui lalu saya antar Pak Nugroho ke ruangan Pak Pepen, sementara Tasya tetap di ruangan saya," kata Victorious, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (22/3).

Saat pertemuan terjadi, Victorious masih menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Penanganan Bencana Sosial dan Politik pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial, sekaligus diangkat menjadi PPK Bansos COVID-19 dan PPK Reguler Direktorat PSKBS.

"Tapi kesepakatannya tidak disampaikan apa, hanya setelah Pak Nugroho kembali ke ruangan saya disampaikan 'Pak Victor nanti tolong bantu distribusi', saya katakan 'siap, saya bantu sebisa saya', tidak lama mereka pulang," ujar Victor.

Victor menjelaskan, distribusi yang dimaksud Nugroho tersebut adalah distribusi kantong-kantong paket sembako buatan PT Sritex kepada para vendor bansos.

"Tugas saya bila ada vendor sembako butuh goody bag karena si Tasya juga berikan nomor saya ke vendor, jadi ada tiga sumber yang minta ke saya. Kadang si vendor sampaikan info dari Joko, ada vendor yang bilang ke saya berdasarkan petunjuk Adi Wahyono dan ada juga vendor yang yang dari Tasya butuh sekian ribu lalu kami 'dropping' barangnya," kata Victor pula.

Joko yang dimaksud Victor adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako COVID-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos Matheus Joko Santoso.

Victorious Saut Hamonangan Siahaan membeberkan proses PT Sritex menjadi penyedia goody bag bansos sembako.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close