Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Virus Corona dan Kaitannya dengan Kehamilan

Senin, 09 Maret 2020 – 08:27 WIB
Virus Corona dan Kaitannya dengan Kehamilan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Bagi wanita hamil, musim dingin dan flu bisa terasa luar biasa. Apalagi sekarang dengan munculnya virus corona. banyak wanita hamil di Amerika Serikat, menjadi bingung dan takut.

Para ahli tidak yakin seperti apa virus corona dan kaitannya dengan kehamilan, atau apakah virus tersebut berdampak pada kehamilan. Tetapi, mereka tahu bahwa orang yang mempraktikkan kebersihan yang baik bisa melindungi diri mereka sendiri.

"Sulit untuk mengatakan secara persis seperti apa jalannya klinis bagi seorang wanita hamil," kata Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins dan seorang dokter penyakit menular, seperti dilansir laman Today, Minggu (8/3).

Secara umum kita tahu bahwa wanita hamil berisiko lebih tinggi untuk memiliki kasus yang lebih parah. Wanita hamil cenderung memiliki infeksi flu yang lebih serius daripada orang dengan usia yang sama yang tidak hamil, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Itu karena kehamilan sedikit mengubah sistem kekebalan tubuh dan kapasitas paru-paru menurun ketika kehamilan wanita berlangsung.

Meskipun ini tidak berarti bahwa wanita hamil akan mengalami coronavirus lebih parah. Tidak ada studi yang cukup tentang wanita hamil dan coronavirus hingga saat ini.

"Ada beberapa laporan tentang wanita yang hamil yang telah dipublikasikan, tetapi jumlahnya sangat sedikit," jelas Adalja.

Meskipun ini mungkin terdengar mengkhawatirkan, para ahli merekomendasikan bahwa wanita hamil mengikuti perilaku cerdas yang sama yang harus dilakukan setiap orang.

loading...