Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Virus Corona Menggila, Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi

Selasa, 28 Januari 2020 – 22:32 WIB
Virus Corona Menggila, Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi - JPNN.COM
Menkes Terawan Agus Putranto. Foto: Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan pihaknya sudah menyediakan 21 kapsul evakuasi bagi pasien terdampak virus corona. Selain kapsul, rumah sakit rujukan pasien terduga terjangkit virus corona juga sudah disiagakan.

"Kemenkes siapkan semua sarana-prasarana, isolasi, rumah sakit, dan sebagainya. Kapsul evaluasi juga sudah ada semua. Ada 21 kapsul yang ditempatkan di daerah-daerah untuk membawa dari tempat terduga menuju rumah sakit untuk isolasi," kata Terawan di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Untuk kapsul evakuasi, kata Terawan, disiapkan di daerah-daerah yang rawan dikunjungi oleh turis Tiongkok. Terawan tidak mengingat nama daerah-daerah itu, tetapi Jakarta, Makassar dan Manado termasuk di dalamnya.

Selain itu, kata Terawan, pihaknya juga sudah menyiagakan rumah sakit rujukan bagi pasien yang terduga terjangkit Corona. Dia mencontohkan rumah sakit di Jakarta, di antaranya RS Sulianti Suroso, RSPAD dan RS Persahabatan.

"Ketiga RS ini punya chumber tekanan negatif dan gedung-gedung untuk isolasi. Satu gedung bisa mengisolasi lebih dari 100 sampai 200 orang. Itu bisa kami lakukan tergantung kayak apa modelnya, bertahap apa mau langsung, Kemenkes siap," jelas dia.

Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto ini menerangkan, setiap pasien yang terjangkit virus Corona akan diisolasi. Kemudian pasien juga diberikan dorongan agar beristirahat dan mendapatkan gizi yang cukup.

BACA JUGA: Dibawa Kabur 4 Tahun Silam, Bocah SD Pulang ke Rumah dalam Keadaan Hamil

"Diberi asupan yang baik. Itu teknik dokter untuk meningkatkan kemampuannya supaya dia sehat imunitasnya bisa melawan virusnya," jelas dia. (tan/jpnn)

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan pihaknya sudah menyediakan 21 kapsul evakuasi bagi pasien terdampak virus corona. Selain kapsul, rumah sakit rujukan pasien terduga terjangkit virus corona juga sudah disiagakan.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close