Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Virus Corona Menyebar, DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Lengah

Jumat, 24 Januari 2020 – 21:50 WIB
Virus Corona Menyebar, DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Lengah - JPNN.COM
Anak-anak memakai masker untuk mencegah penularan virus corona baru di Stasiun Kereta Cepat Hong Kong West Kowloon di Hong Kong, China, Kamis (23/1/2020). Foto: REUTERS/Tyrone Siu/wsj/cfo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR Anshory Siregar mengingatkan pemerintah jangan lengah dalam mencegah mencegah masuknya wabah corona ke Indonesia.

Dia meminta Kementerian Kesehatan dan jajaran melakukan langkah yang terukur dan terencana dalam merespons penyebaran virus asal Kota Wuhan, China tersebut.

"Indonesia harus mengantisipasi dan memonitor perkembangan virus tersebut. Sejauh ini belum ada kasus penyebaran virus Corona di Indonesia. Namun, potensi bahaya terus ada sebab Indonesia memiliki perjanjian visa bebas dengan Tiongkok sehingga berpergian di kedua negara cukup mudah," kata Anshory dalam keterangan persnya, Jumat (24/1).

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini lantas menyodorkan catatan bahwa Indonesia memiliki 2.500 mahasiswa di Tiongkok. Di antaranya ada 428 mahasiswa dan 40 orang pelajar berada di Wuhan. Anshory khawatir otoritas setempat gagal mengatasi penyebaran virus ini terutama saat dan setelah Imlek.

Oleh karena itu, pemerintah perlu memastikan bahwa mereka dalam keadaan aman dan dalam kondisi yang baik. “Langkah mitigasi perlu dilakukan oleh seluruh otoritas terkait, penyebarannya kini sudah menjalar ke beberapa negara yang dekat dengan Indonesia. Temuan terbaru di Thailand sudah dua orang dan satu di Singapura," jelas wakil rakyat Dapil Sumut III ini.

Tercatat, kasus gejala penyakit Corona yang terkonfirmasi di China sebanyak 544 kasus, Thailand 2, sedangkan masing-masing 1 kasus di Jepang, Korea Selatan, Singpura dan AS. Dia juga mendorong Kemenkes, Kementerian Luar Negeri dan Imigrasi melakukan koordinasi intensif dalam mengantisipasi penyebaran virus ini.

Kedua kementerian itu menurutnya perlu memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait virus ini secara optimal. Terutama bagi mereka yang hendak bepergian ke daerah-daerah yang terindikasi telah terjadi penyebaran virus corona ini.

“Pihak imigrasi harus antisipastif dengan memperketat masuk keluarnya pengunjung terutama yang berasal dari Tiongkok secara proporsional. Otoritas bandara harus melakukan scanning dengan alat deteksi penyakit. Demikian juga dengan proses karantina hewan-hewan yang diimpor dari Tiongkok," tuturnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Anshory Siregar mengingatkan pemerintah jangan lengah dalam mencegah mencegah masuknya wabah corona ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close