Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Virus Corona Merebak, 6 Langkah Ini Perlu Dilakukan Pemerintah

Minggu, 26 Januari 2020 – 17:53 WIB
Virus Corona Merebak, 6 Langkah Ini Perlu Dilakukan Pemerintah - JPNN.COM
Para calon penumpang kereta cepat dan petugas di Stasiun Beijingnan, Rabu (22/1), mengenakan masker untuk menghindari wabah virus corona jenis baru di Wuhan, China. Foto: Antara/M. Irfan Ilmie)

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi masuknya virus Corona asal Kota Wuhan, China, yang penyebarannya telah ditemukan di berbagai negara.

Pertama, Saleh mendesak pemerintah melakukan langkah-langkah antisipatif agar virus tersebut tidak masuk ke Indonesia.

Dalam konteks itu, pintu-pintu masuk bisa diawasi secara ketat. Jika ditemukan ada suspect tertular virus corona yang mau masuk Indonesia, itu perlu dicegah.

"Jika benar terbukti tertular, perlu segera dikarantina dan dilakukan tindakan-tindakan yang diperlukan agar tidak meluas dan menginveksi yang lain," ucap Saleh saat dihubungi jpnn.com, Minggu (26/1).

Kedua, pemerintah diminta untuk melakukan sosialisasi terkait virus corona ini. Sosialisasi ditujukan agar masyarakat secara bersama-sama dapat menghindari agar tidak tertular.

Semakin baik masyarakat mengenal bahaya virus ini, semakin baik pula persiapan mereka untuk menghindarinya.

Ketiga, pemerintah harus mengimbau masyarakat agar tidak panik. Jika ada anggota keluarganya yang sakit dan diduga tertular virus ini, diminta untuk segera dibawa ke rumah sakit dan pusat-pusat kesehatan lainnya.

"Untuk saat ini, hanya dokter dan paramedis yang diharapkan dapat menangani dan mengambil tindakan yang diperlukan," lanjut politikus PAN ini.

Kerja sama seperti ini diperlukan agar virus tersebut tidak dengan mudah menyebar ke luar daratan Tiongkok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close