Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waduh! Harga TBS Sawit di Riau Turun, Jadi Sebegini

Rabu, 25 Januari 2023 – 13:50 WIB
Waduh! Harga TBS Sawit di Riau Turun, Jadi Sebegini - JPNN.COM
Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau sepekan ke depan mengalami penurunan menjadi Rp 2.585,15 per kilogram. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau mengalami penurunan menjadi Rp 2.585,15 per kilogram untuk periode sepekan ke depan.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan tim penetapan harga telah melaksanakan rapat penetapan, pada Selasa (24/1).

Berdasarkan hasil penetapan harga TBS kelapa sawit penetapan minggu ke 4 di 25 hingga 31 Januari 2023 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

“Jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp 18,79 per kilogram atau mencapai 0,72 persen dari harga minggu lalu,” kata Defris kepada JPNN.com Rabu (25/1).

Menurutnya, harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp 2.585,15 per kilogram.

“Faktor penyebab turunnya harga TBS sawit periode ini karena terjadinya penurunan harga jual CPO dan kernel dari perusahaan yang menjadi sumber data,” lanjutnya.

Defris menjelaskan indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk satu bulan kedapan yaitu 92,17 persen, harga penjualan CPO minggu ini turun sebesar Rp 88,53 dan kernel minggu ini turun sebesar Rp 17,74 dari minggu lalu.

“Sebagaimana diketahui bersama bahwa minggu yang lalu harga TBS yang ditetapkan oleh tim mengalami penurunan,” ucapnya.

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau sepekan ke depan mengalami penurunan. Simak!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close