Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wajar Netizen Marah, Tarif Internet Harus Terjangkau Masyarakat

Rabu, 03 Mei 2017 – 18:17 WIB
Wajar Netizen Marah, Tarif Internet Harus Terjangkau Masyarakat - JPNN.COM
Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Antusiasme netizen menanggapi peretasan situs-situs milik operator seluler di Indonesia, dinilai sebagai ungkapan protes publik atas layanan seluler yang terjadi selama ini.

Pasalnya, mahalnya tarif yang berlaku di operator tidak sejalan dengan visi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

"Kasus peretasan website Telkomsel oleh hacker usil terjadi karena tarif layanan internet yang relatif mahal dari operator tersebut. Itu tindakan koreksi untuk meninjau kebijakan tarifnya," kata Rinaldo CH, Ketua BEM Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado, dalam keterangan tertulisnya, Rabu(3/5).

Dikatakan, masyarakat di kawasan Indonesia Timur juga merasakan hal yang sama. Apalagi dengan pembedaan tarif dengan pembagian per-wilayah yang dilakukan oleh salah satu operator dominan dinilai tidak mencerminkan nasionalisme dan pemerataan harga yang tengah gencar di upayakan pemerintah di seluruh Indonesia.

"Kami pun juga merasakan hal yang sama untuk layanan internet dan telepon yang sangat mahal, wajar saja jika netizen atau masyarakat marah," ucapnya.

Rinaldo mengatakan, seharusnya tidak boleh ada diskriminasi dan juga tidak membeda-bedakan tarif. Apalagi dengan tujuan Indonesia di bidang digital pada 2020, yang tentunya harus didukung dengan ketersediaan jaringan internet dan tarif yang terjangkau masyarakat.

"Harus ada nasionalisme tarif, bukan mengkotak-kotakkan wilayah, untuk mendukung visi digital yang ingin digapai pemerintah," ujarnya.

Terpisah, pengamat telekomunikasi STMIK Handayani Makassar, Kamaruddin, S.Kom mengatakan, peretasan situs operator telekomunikasi sebagai protes atas mahalnya tarif internet di tanah air harus disikapi dengan bijak.

Antusiasme netizen menanggapi peretasan situs-situs milik operator seluler di Indonesia, dinilai sebagai ungkapan protes publik atas layanan seluler

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close