Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waka MPR Ingatkan Penguatan Keluarga Faktor Utama dalam Bangun Karakter Anak

Jumat, 23 Agustus 2024 – 19:40 WIB
Waka MPR Ingatkan Penguatan Keluarga Faktor Utama dalam Bangun Karakter Anak - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mengatakan penguatan literasi dan kesejahteraan keluarga langkah penting dalam upaya membangun karakter anak. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mengatakan penguatan literasi dan kesejahteraan keluarga langkah penting dalam upaya membangun karakter setiap anak bangsa.

"Keluarga merupakan faktor utama dalam proses membangun karakter anak bangsa agar memiliki budi pekerti yang luhur dan mampu menerapkan nilai-nilai kebangsaan yang kuat," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/8).

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri RI mencatat jumlah penduduk Indonesia per semester I 2024 tembus 282.477.584 jiwa.

Angka itu meningkat 1.752.156 jiwa dibanding semester 2 tahun 2023.

Catatan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) harapan bonus demografi di Indonesia diwarnai dengan Indeks Pembangunan Manusia yang belum baik terkait partisipasi sekolah penduduk Indonesia yang masih berada pada angka 8,3 tahun dan status ekonominya berada pada menengah ke bawah.

Menurut Lestari, pertumbuhan populasi penduduk Indonesia itu harus dibarengi dengan berbagai upaya yang konsisten dalam membangun karakter setiap warga negara.

"Keluarga sebagai lingkungan masyarakat terkecil merupakan garda terdepan dalam proses penanaman nilai-nilai budi pekerti dan kebangsaan yang mampu mendasari karakter setiap anggota keluarga," tutur Rerie, sapaan akrab Lestari.

Penguatan keluarga dari sisi literasi pendidikan dan peningkatan kesejahteraan keluarga, tambah Rerie, merupakan langkah strategis yang harus mampu diwujudkan.

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mengatakan penguatan literasi dan kesejahteraan keluarga langkah penting dalam upaya membangun karakter anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA