Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wakil Ketua DPD RI Imbau Masyarakat Tetap Ikut Pilkada dan Terapkan Prokes

Sabtu, 05 Desember 2020 – 15:10 WIB
Wakil Ketua DPD RI Imbau Masyarakat Tetap Ikut Pilkada dan Terapkan Prokes - JPNN.COM
Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Inventarisasi Masalah tentang Persiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020" di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Jumat (4/12). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, SAMARINDA - Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) saat ini sudah mencapai 95 persen. Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat ikut berpartisipasi dalam pilkada ini khususnya di 9 kabupaten/kota yang ada di Kaltim agar pemilihan bisa berjalan dengan lancar.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Mahyudin saat memberi sambutan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Inventarisasi Masalah tentang Persiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020" di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Jumat (4/12).

“Pemda telah menjelaskan semua penyelenggara sudah di-rapid, kemudian alat logistik sudah didistribusikan. Dengan demikian DPD RI mengharapkan semua bisa berjalan dengan lancar," ucap pria kelahiran Kalimantan Timur ini.

Lebih lanjut, Mahyudin mengatakan partisipasi masyarakat dalam beberapa pelaksanaan pilkada tidak terlalu maksimal, karena masih banyaknya jumlah pemilih golongan putih (golput), yang dapat mencapai lebih dari 40 persen. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, ada kemungkinan peningkatan jumlah pemilih golput, karena sebagian masyarakat takut untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos.

“Kita perlu bantuan pemerintah daerah untuk bisa membantu menyukseskan pemilu ini melalui sosialisasi-sosialisasi bahwa TPS itu aman. Tidak usah khawatir dengan covid-19 lagi karena KPU sudah menyiapkan segala sesuatunya seperti protokol di lapangan, alat kelengkapan dan sebagainya. InsyaAllah sesuai standar kesehatan, semoga para pemegang suara yang akan mencoblos aman di TPS," kata Mahyudin.

Selain itu, Mahyudin mengharapkan agar dalam pelaksanaan pilkada ini masyarakat dapat memilih pemimpin yang memiliki integritas dan kapasitas yang tinggi sehingga mampu membangun daerah menjadi lebih baik lagi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan Kaltim hingga saat ini selalu kondusif, sehingga hal itulah yang membuat Presiden Jokowi memilih Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Kaltim tidak pernah terjadi kerusuhan besar, Kaltim selalu kondusif. Kami sudah menerima laporan dari 9 Kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak, secara umum laporannya kondusif,” ucapnya.

Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) saat ini sudah mencapai 95 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close