Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wakil Ketua MPR Jazilul: Nusantara Mengaji Gelar MTQ Nasional

Kamis, 21 Mei 2020 – 23:17 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul: Nusantara Mengaji Gelar MTQ Nasional - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, H. Jazilul Fawaid SQ, MA. Foto: Humas MPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai upaya menjaga syiar Islam pada Bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia, Nusantara Mengaji menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) virtual tingkat nasional.

Wakil Ketua MPR RI yang juga Koordinator Nasional Nusantara Mengaji Dr. H. Jazilul Fawaid SQ, MA, mengatakan dalam menjalani Ramadan di tengah kondisi wabah Covid-19, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk beribadah di rumah.

"Melalui ajang MTQ ini, kami ingin menjaga spirit Ramadan di tengah pandemi virus corona yang sedang melanda dunia," tutur Jazilul Fawaid, Kamis (21/5/2020).

Dia menambahkan kegiatan ini juga bertujuan untuk mendekatkan kecintaan generasi milenial dengan Alquran melalui kompetisi tilawah Alquran.

Jazilul yang juga Wakil Ketua MPR, menuturkan, MTQ Nasional secara virtual ini digelar sejak 17 April 2020. Sejak dibuka hingga ditutup pada 30 April, tercatat ada 537 pendaftar yang mengirimkan video tilawah.

Menurut Jazilul, Nusantara Mengaji kemudian menyeleksi karya terbaik yang lolos ke babak penyisihan dan ditayangkan di kanal YouTube Nusantara Mengaji TV.

Dari hasil seleksi, terdapat 96 karya terbaik dari seluruh Indonesia. Panitia kemudian menyaring kembali karya terbaik dan muncul enam orang yang menjadi finalis, tiga putra dan tiga putri. Selanjutnya mereka akan berkompetisi untuk dipilih tiga terbaik.

Dalam tahap final, penampilan para finalis tidak sama dengan babak penyisihan, yakni maqro dan lagu yang dibawakan dalam babak tahap final ditentukan oleh Dewan Juri.

Melalui ajang MTQ ini, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid ingin menjaga spirit Ramadan di tengah pandemi virus corona yang sedang melanda dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close