Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wakil Ketua MPR RI: Daya Beli Makin Lemah, Ekonomi Jatuh

Selasa, 04 Agustus 2020 – 13:25 WIB
Wakil Ketua MPR RI: Daya Beli Makin Lemah, Ekonomi Jatuh - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan mendesak Pemerintah agar mempercepat dan mengawasi realisasi bantuan sosial bagi masyarakat. Pasalnya, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan merasakan dampak penurunan tajam  perekonomian selama Pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menyebutkan bahwa jumlah pengangguran bertambah sebesar 3,05 juta meningkat menjadi 9.2 persen sesuai data Bappenas selama masa Pandemi Covid-19. Bahkan, survei LIPI bersama FEB UI pada (2/5/2020) memprediksi sebanyak 25 juta pekerja terancam kehilangan pekerjaannya selama Pandemi Covid-19.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini menyebutkan bahwa bantuan sosial bukan hanya untuk membantu masyarakat di kalangan akar rumput, tetapi juga akan membantu menguatkan perekonomian Indonesia. Sebab, bantuan sosial tunai dapat mendorong daya beli masyarakat tetap terjaga pada masa pandemi Covid-19.

“Jika bantuan sosial lambat disalurkan maka bisa dipastikan daya beli masyarakat terhadap kebutuhan sehari-hari akan makin melemah. Dan, akibatnya, tentu tak hanya terhadap dengan masyarakat kecil, tetapi juga mengganggu perekonomian Indonesia dikarenakan pergerakan uang dan barang menjadi semakin sedikit,” ungkap Syarief Hasan.

Memang, Pemerintah telah mengalokasikan APBN sebesar Rp 203,9 triliun untuk pos perlindungan sosial. Programnya pun bermacam-macam. Mulai dari Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, Bansos Jabodetabek dan non-Jabodetabek, Bantuan Logistik, Bantuan Langsung Tunai Dana Desar, sampai yang dianggap bermasalah yakni Kartu Pra-Kerja.

Namun, anggaran besar tersebut baru terealisasi 34,04 persen sampai akhir Juli 2020. Padahal, Covid-19 telah menganggu tata kehidupan dan ekonomi selama hampir lima bulan lamanya.

“Lambatnya realisasi dan penyaluran bantuan sosial ke masyarakat menunjukkan kurangnya kecepatan dan ketepatan sasaran Pemerintah dalam menangani efek sosial ekonomi dari Pandemi Covid-19. Seperti contoh penyaluran bantuan sosial kepada atau lewat yayasan kongklomerat, program Prakerja yang salah sasaran bahkan berpotensi pidana Korupsi

Ia juga menegaskan agar Pemerintah tidak selalu menggunakan alasan overlapping data  sebagai penyebab lambatnya penyaluran. Menurutnya, Pemerintah telah dibekali berbagai sumber daya dan kelembagaan untuk memusatkan data sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

Syarief Hasan mengatakan bantuan sosial bukan hanya untuk membantu masyarakat di kalangan akar rumput, tetapi juga akan membantu menguatkan perekonomian Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close