Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Wamen Budi Arie: Infrastruktur Makin Baik, Saatnya Memajukan Ekonomi Desa

Kamis, 25 Juni 2020 – 23:56 WIB
Wamen Budi Arie: Infrastruktur Makin Baik, Saatnya Memajukan Ekonomi Desa - JPNN.COM
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Budi Arie Setiadi. Foto: dokumen Kementerian Desa

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggelar Webinar bersama Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Budi Arie Setiadi pada Kamis (25/6).

HIPMI dan Wamen sejalan, bahwa pandemi ini adalah momentum untuk menggenjot inovasi produk desa.

Selain Wamen Desa PDTT Budi Arie Setiadi, ikut diskusi juga Ketua HIPMI, Ketua Umum Aspeksindo, serta diikuti oleh puluhan jajaran pengurus HIPMI se-Indonesia dari provinsi sampai kabupaten/kota.

"Ini bisa dikatakan infrastruktur desa makin baik, karena Pak Jokowi memacu pembangunannya lima tahun terakhir. Jadi sekarang saatnya menggerakkan dan memajukan ekonomi perdesaan di era new normal. Produk desa harus berdaya saing, menguasai pasar Indonesia dan bertahap menuju pasar ekspor," ujar Wamen Budi Arie Setiadi.

Budi menjelaskan, alokasi dana desa dari APBN sepanjang 2015-2019 sudah mencapai Rp257 triliun. Dana itu dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur di desa, salahs atunya ialah peningkatan jalan aspal di desa dari angka 61 persen menjadi 72 persen. Kemudian, elektrifikasi melonjak dari 90 persen menjadi 97 persen.

"Setelah dibangun infrastruktur, warga dari semua tingkatan menilai kualitas infrastruktur desa sudah relatif sama dengan kota. Infrastruktur inilah yang menjadi instrumen pemerataan desa dan kota, menjadi pendorong inovasi ekonomi desa," ujar Budi.

Berkat pembangunan infrastruktur tersbeut, lanjut dia, biaya investasi di desa kini makin menurun. Nah, dengan menurunnya biaya tersebut, dia berharap akan makin banyak pelaku usaha lahir dari desa.

Di sisi lain, Ketua Bidang Tata Ruang, PU, dan Pembangunan Desa BPP HIPMI Muhammad Ali Affandi merespons dengan menegaskan bahwa memang inilah saat yang tepat untuk menggenjot inovasi desa.

loading...