Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamenaker Afriansyah: Pertahankan Nilai-Nilai Pancasila dalam Hubungan Industrial

Rabu, 29 Mei 2024 – 00:18 WIB
Wamenaker Afriansyah: Pertahankan Nilai-Nilai Pancasila dalam Hubungan Industrial - JPNN.COM
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor saat berbicara dalam acara 'Ngopi Pintar Ketenagakerjaan 2024' di Berau, Kalimantan Timur, Selasa (28/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, BERAU - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengimbau perusahaan berkomitmen melaksanakan pedoman hubungan industrial berlandaskan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan.

Hal ini sesuai pedoman yang ditetapkan lewat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 76 Tahun 2024.

Menurut Afriansyah, Kepmenaker Nomor 76 Tahun 2024 ini diterbitkan dalam upaya menciptakan hubungan industrial yang harmonis dan demokratis yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

"Pertahankan nilai-nilai terhormat bangsa kita, nilai-nilai-nilai Pancasila dalam hubungan industrial kita. Cermati dan jauhi nilai-nilai yang tidak selaras dengan nilai-nilai bangsa kita," pesan Wamenaker Afriansyah Noor saat 'Ngopi Pintar Ketenagakerjaan 2024' di Berau, Kalimantan Timur, Selasa (28/5).

Wamenaker Afriansyah menjelaskan hubungan industrial Pancasila mengedepankan prinsip-prinsip adaptif dan kolaboratif melalui musyawarah untuk mufakat, kekeluargaan serta gotong royong.

Prinsip-prinsip tersebut perlu digaungkan kembali oleh semua pihak mengingat hubungan industrial berlandaskan Pancasila menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang menjadi jiwa, pedoman dan sikap pandang yang luhur di segala aspek kehidupan.

"Harapan kita semua sebagai bangsa Indonesia yang kuat bersatu, kita dapat terus merawat dan mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila sehingga kita dapat memiliki ketahanan bangsa, termasuk ketahanan dalam hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja," terangnya.

Setelah menghadiri acara 'Ngopi Pintar Ketenagakerjaan 2024', Wamenaker Afriansyah melanjutkan kunjungan kerja ke Politeknik Sinar Mas Berau Coal.

Wamenaker Afriansyah mengimbau perusahaan untuk mempertahankan hubungan industrial berdasarkan nilai-nilai Pancasila, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close