Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamenaker Tegaskan Negara Hadir Lindungi Pekerja Anak & Perempuan di Sektor Kelapa Sawit

Kamis, 02 Maret 2023 – 07:36 WIB
Wamenaker Tegaskan Negara Hadir Lindungi Pekerja Anak & Perempuan di Sektor Kelapa Sawit - JPNN.COM
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor saat meninjau program Perlindungan Pekerja Anak dan Perempuan di Perkebunan Kelapa Sawit PT AMP Plantation, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (1/3). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, AGAM - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengungkapkan pekerja anak dan perempuan dalam sektor perkebunan kelapa sawit merupakan kelompok yang paling rentan terhadap kondisi kerja yang tidak layak.

Mulai dari diskriminasi dari sisi upah, jaminan perlindungan sosial, perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja, serta pelecehan seksual.

Padahal, kata Wamenaker Afriansyah menegaskan pekerja anak dan perempuan secara normatif mempunyai hak yang sama dengan pekerja laki-laki, tetapi lantaran kodratnya harus diberikan perlindungan.

“Berbagai kebijakan tentang perlindungan pekerja anak dan pekerja perempuan merupakan bukti kehadiran negara mewujudkan hubungan industrial yang kondusif,” kata Wamenaker Afriansyah Noor saat meninjau program Perlindungan Pekerja Anak dan Perempuan di Perkebunan Kelapa Sawit PT AMP Plantation, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (1/3).

Wamenaker Afriansyah menyebutkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, jumlah pekerja anak di Indonesia mencapai 1,05 juta orang.

Walaupun jumlahnya menurun setelah akibat Covid-19, angka tersebut masih lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi.

“Ini bukanlah jumlah yang sedikit, diperlukan komitmen bersama dari seluruh pemangku kepentingan,” tegas Wamenaker Afriansyah.

Dia menyampaikan pemerintah telah membuat kebijakan perlindungan pekerja perempuan melalui Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Wamenaker Afriansyah Noor menegaskan negara hadir melindungi pekerja anak dan perempuan di sektor kelapa sawit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close