Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamendag Jerry Sebut Indonesia, ASEAN & RCEP Tidak Terpisahkan

Kamis, 13 April 2023 – 15:10 WIB
Wamendag Jerry Sebut Indonesia, ASEAN & RCEP Tidak Terpisahkan - JPNN.COM
Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan Indonesia, ASEAN dan RCEP adalah tiga hal yang tidak terpisahkan. Foto dok. Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini menjadi tonggak penting dalam mewujudkan growth epicentrum, baik dalam konteks regional maupun global. 

ASEAN menurut Jerry akan menjadi kawasan yang sangat berperan baik saat ini maupun di masa mendatang. Hal ini tidak lepas dari potensi ekonomi baik dalam perpektif produksi maupun potensi pasar. 

"Indonesia sebagai negara terbesar dan penggerak utama ASEAN akan memandu kawasan ini menuju posisi lebih terpandang di dunia internasional," kata Wamendag Jerry, Kamis (13/4).

Hal itu lanjutnya tidak lepas dari kepeloporan Indonesia dalam konteks perjanjian lain yang melibatkan ASEAN, khususnya RCEP. RCEP adalah blok perjanjian ekonomi dan perdagangan kedua terbesar setelah WTO. 

Indonesia dikenal sebagai inisator dan pelopor dalam perjanjian yang melibatkan 15 negara ini. 

"Indonesia, ASEAN dan RCEP adalah tiga hal yang tidak terpisahkan. Kami yakin akan menjadikan ASEAN sebagai episentrum yang terus tumbuh karena punya potensi sangat besar dalam hal sumber daya alam, sumber daya manusia dan jaringan pasar," terang Wamendag Jerry.

Sumber daya alam, manusia dan pasar yang sangat besar itu menurut Jerry harus ditunjang penguasaan teknologi. Dengan demikian, negara-negara ASEAN tidak hanya akan menjadi pelaku pendukung pertumbuhan dunia tetapi menjadi pelaku utama. 

Jerry menekankan bahwa banyak sumber daya alam mineral penting yang akan menjadi komponen utama teknologi dunia ke depan seperti nikel, timah hingga, zirkon, cadmium dan lain-lain yang menjadi bahan utama  industri mesin listrik serta komponen elektronika. Negara-negara ASEAN juga punya kekuatan dalam sumber energi mulai dari tenaa angin, surya hingga biosolar. 

Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan Indonesia, ASEAN dan RCEP adalah tiga hal yang tidak terpisahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close