Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamendes Pimpin Rapat Pemenangan Gibran, Pengamat: Abuse Of Power Terang Benderang

Selasa, 31 Oktober 2023 – 17:33 WIB
Wamendes Pimpin Rapat Pemenangan Gibran, Pengamat: Abuse Of Power Terang Benderang - JPNN.COM
Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tindakan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo yang memimpin rapat pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming membuktikan adanya penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power).

Dugaan itu menurut pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago adalah kekhawatiran yang dirasakan masyarakat setelah anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mendaftar sebagai cawapres.

"Yang begini, model-model begini, bagaimana kita mengatakan Pemilu itu lapangan datar. Tidak terjadi abuse of power. Seorang Wamen yang directement direct (arahan langsung) bisa membantu presiden, sekarang membantu anak presiden," kata Pangi kepada JPNN, Selasa (31/10).

Penyalahgunaan kekuasaan yang diduga dilakukan pemerintah yang dipimpin Presiden Jokowi itu muncul setelah beredar luas atau viralnya video berisi seseorang yang disebut sebagai Wamendes tengah memimpin rapat untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

Tindakan yang dilakukan Wamendes itu sebenarnya dinilai sebagai dampak langsung keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memperbolehkan seorang kepala daerah maju dalam Pemilihan Presiden walaupun usianya belum 40 tahun.

Menurut Pangi, banyak pihak yang telah mengingatkan hal itu akan tetapi keputusan yang memuluskan langkah Gibran sebagai Wali Kota Surakarta untuk masuk kategori cawapres itu nyatanya tetap terjadi.

"Ini yang sebetulnya yang kita risaukan, kita ingatkan jauh-jauh hari. Hati-hati. Kalau sudah anak Presiden yang maju bertarung, begini akibatnya. Enggak disuruh, dikerjain. Semua ngambil muka, menghadap ke presiden bahwa udah tenang anak bapak udah aman," katanya.

Tindakan yang dilakukan Wamendes Paiman itu dinilai dengan istilah mengambil muka atau mencari muka yang berarti ingin dilihat oleh Presiden, bahwa dia telah bekerja membantu anaknya sebagai penerus kepemimpinan ke depan.

Tindakan Wamendes PDTT Paiman Rajarho memimpin rapat pemenangan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres menunjukkan abues of power.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close