Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wapres: Jawaban Saya Tegas, Dahulukan Keselamatan Jiwa Masyarakat

Rabu, 23 September 2020 – 16:47 WIB
Wapres: Jawaban Saya Tegas, Dahulukan Keselamatan Jiwa Masyarakat - JPNN.COM
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat mengikuti Konbes NU secara daring, Rabu (23/9). Foto: Setwapres

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengatakan keselamatan jiwa masyarakat harus diutamakan saat pandemi Covid-19, meskipun menjaga keberlangsungan hidup sama pentingnya dengan perekonomian.

Menurut Kiai Ma'ruf, kesehatan masyarakat dan keberlangsungan ekonomi harus berjalan seimbang. Dia mengibaratkan dua hal itu sebagai gas dan rem pada sebuah mobil.

"Bahkan umpamanya diambil skala prirotas mana yang harus didahulukan jika dalam keadaan darurat? Jawaban saya jelas dan tegas, dahulukan untuk menyelamatkan jiwa," kata Kiai Ma'ruf.

Hal itu disampaikannya ketika membuka Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama yang diikutinya secara daring dari kediaman Wapres RI di Jakarta, Rabu (23/9).

Ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menerangkan bahwa perlindungan terhadap keberlangsungan hidup manusia atau hifdzun nafs harus menjadi yang utama diberikan oleh pemimpin di masa darurat Covid-19 ini.

"Sesuai dengan prinsip taqdimu daf’il addhararil a’la ‘ala dhararil adna. Mendahulukan penangkalan bahaya yang lebih besar dari pada bahaya yang lebih kecil," tegasnya.

Karena itu, Kiai Ma'ruf mendukung keputusan PBNU menunda penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU yang sedianya diadakan bulan Oktober mendatang. Apalagi didasarkan pada alasan kemanusiaan.

"Menunda pelaksanaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama adalah keputusan yang tepat. Saya menghargai sikap dan pertimbangan PBNU yang berlandaskan pada tujuan dasar syariah Islam maqosidus syari’ah," jelasnya.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menegaskan keselamatan jiwa rakyat harus diutamakan di tengah pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close