Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wapres Maruf Amin Diminta Ambil Alih Wacana Pemulangan WNI Eks ISIS

Sabtu, 08 Februari 2020 – 16:41 WIB
Wapres Maruf Amin Diminta Ambil Alih Wacana Pemulangan WNI Eks ISIS - JPNN.COM
Wapres Ma'ruf Amin. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Komnas HAM Choirul Anam meminta Wakil Presiden Maruf Amin tidak hanya diam menyikapi polemik tentang dipulangkan atau tidaknya WNI eks ISIS dari Timur Tengah.

Menurut dia, Maruf seharusnya mengambil peran untuk mengoordinasikan wacana pemulangan WNI eks ISIS tersebut.

"Kalau saat ini, ya, kalau melihat dari yang kemarin-kemarin, seharusnya wakil presiden ambil alih," kata Choirul dalam diskusi di Senayan, Jakarta, Sabtu (8/2).

Menurut Anam, Maruf memiliki kapasitas untuk mengoordinasikan wacana pemulangan WNI eks ISIS. Pasalnya, Maruf juga tercatat sebagai ulama walaupun saat ini menjabat Wapres RI.

"Identitas keagamaannya, kan, mumpuni juga sejauh ini. Kalau itu bisa dikonsolidasikan oleh Pak Wakil Presiden, itu jalannya juga akan semakin mulus," timpal dia.

Selain itu, kata dia, ketika koordinasi di bawah Maruf, informasi berkaitan dengan wacana pemulangan WNI eks ISIS tidak simpang siur. Dalam pandangan Choirul, para pejabat pemerintah masih menyampaikan pernyataan berbeda berkaitan rencana pemulangan.

"Makanya apalagi dengan peristiwa kemarin, Kemenag berbicara apa, BNPT berbicaranya apa, Pak Menko Polhukam berbicaranya apa. Sudah saatnya ini diambil oleh wakil presiden, bikin formulasi yang permanen," ungkap dia. (mg10/jpnn)

Choirul Anam menilai Wapres Maruf Amin seharusnya mengambil peran untuk mengoordinasikan wacana pemulangan WNI eks ISIS.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close