Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wapres Ma'ruf Minta DK PBB Sikapi Serangan Israel ke UNIFIL

Jumat, 11 Oktober 2024 – 19:25 WIB
Wapres Ma'ruf Minta DK PBB Sikapi Serangan Israel ke UNIFIL - JPNN.COM
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menghadiri KTT ASEAN-PBB sebagai rangkaian KTT Ke-45 ASEAN di Vientiane, Laos, Jumat (11/10/2024). ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden

jpnn.com - VIENTIANE - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Dewan Keamanan PBB harus menyikapi serangan tentara Israel (IDF) terhadap personel penjaga perdamaian dan properti di Markas UNIFIL, Naqoura, Lebanon.

Wapres dalam pernyataannya di KTT ASEAN-PBB yang dihadiri oleh 11 pemimpin negara anggota ASEAN dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan RI mengecam keras serangan Israel yang mengakibatkan dua personel Indonesia luka-luka.

Wapres Ma'ruf menyatakan bahwa serangan tersebut merupakan pelanggaran berat terhadap hukum humaniter internasional.

"Serangan tersebut harus disikapi oleh Dewan Keamanan PBB," kata Wapres dalam KTT ASEAN-PBB sebagai rangkaian KTT Ke-45 ASEAN di Vientiane, Laos, Jumat (11/10). "PBB adalah kompas dari multilateralisme, dan ASEAN berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi," tambahnya.

Dia mengingatkan bahwa Sidang Majelis Umum Ke-79 PBB baru saja selesai.

Dari diskusi itu, lanjut dia, seluruh pemimpin dunia memahami bahwa dunia tidak sedang baik-baik saja.

Menurut dia, situasi yang dialami oleh bangsa Palestina merupakan tantangan terhadap multilateralisme dan penerapan hukum internasional secara konsisten.

"Sudah 7 dekade hak-hak bangsa Palestina tidak dapat dipenuhi. Makin hari kondisi Palestina tidak makin membaik, tetapi makin memburuk. Saat ini konflik makin meluas di Timur Tengah. Semoga perang habis-habisan tidak terjadi," katanya.

Wapres Ma'ruf Amin meminta Dewan Keamanan PBB menyikapi serangan tentara Israel ke Markas UNIFIL

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA