Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wapres Maruf Amin Ingin Seluruh Pihak Dorong Perluasan Kepesertaan Program Jamsostek

Jumat, 20 Oktober 2023 – 16:55 WIB
Wapres Maruf Amin Ingin Seluruh Pihak Dorong Perluasan Kepesertaan Program Jamsostek - JPNN.COM
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan pekerja rentan dari beragam profesi, di antaranya petani, nelayan, pekerja lintas agama, tukang ojek dan pedagang. Foto: Dokumentasi BPMI Setwapres

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menginstruksikan kepada kementerian, lembaga, dan seluruh kepala daerah terus mendukung perluasan cakupan kepesertaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) melalui dukungan regulasi, kebijakan program maupun anggaran.

Hal ini bertujuan agar program strategis pemerintah tersebut mampu memberikan perlindungan dan manfaat bagi pekerja secara optimal.

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan hal ini dalam sambutannya pada acara penganugerahan Paritrana Award di Istana Wakil Presiden, Jumat (20/10).

Hingga saat ini jumlah pekerja khususnya di sektor informal yang terlindungi program Jamsostek masih terus didorong agar sesuai dengan target RPJMN 2020-2024.

“Saya minta agar kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah segera melakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan cakupan ini, antara lain melalui sosialisasi dan edukasi berkelanjutan, optimalisasi layanan dan manfaat, serta rumusan kebijakan dan penganggaran yang tepat," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan kembali memberikan penghargaan Paritrana Award kepada pemerintah daerah dan pelaku usaha yang telah berhasil mengimplementasikan perlindungan Jamsostek bagi seluruh pekerja di wilayahnya, mulai dari pekerja sektor formal, informal, termasuk pekerja rentan.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus upaya pemerintah untuk mendorong optimalisasi pelaksanaan program Jamsostek sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 maupun Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres Ma'ruf Amin juga menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan pekerja rentan dari beragam profesi diantaranya petani, nelayan, pekerja lintas agama, tukang ojek dan pedagang.

Wapres Ma'ruf Amin menginstruksikan kepada seluruh pihak untuk mendorong perluasan kepesertaan program Jamsostek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close