Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Diminta Menjauhi Kawah Timbang

Kamis, 14 Maret 2013 – 08:46 WIB
Warga Diminta Menjauhi Kawah Timbang - JPNN.COM
BANJARNEGARA - Aktivitas Kawah Timbang masih fluktuatif. Kepala Pos Pegamatan Gunung Api Dieng, Tunut Pujiarjo mengatakan pihaknya masih terus memantau dan berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk menentukan status kawah.

"Perubahan status berdasarkan data yang diperoleh di lapangan," ungkapnya. Ia juga mengatakan dalam waktu dekat akan dilakukan penelitian yang komprehensif mengenai kawah Timbang ini.

Tunut menegaskan agar warga tidak melanggar zona bahaya 500 meter dari kawah. "Sempat ada yang menerobos, dan hampir menjadi korban, untungnya masih bisa menyelamatkan diri," katanya.

Menurut Tunut, letusan freatik kawah Timbang disebabkan oleh gempa vulkanik.  "Muncunya gas beracun dipicu gempa," ujarnya. Gempa ini, kata Tunut menyebabkan retaknya lapisan tanah yang mengakibatkan celah. "Gas keluar lewat celah yang ditimbulkan gempa," lanjutnya.

BANJARNEGARA - Aktivitas Kawah Timbang masih fluktuatif. Kepala Pos Pegamatan Gunung Api Dieng, Tunut Pujiarjo mengatakan pihaknya masih terus memantau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA