Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Sragen Bikin Selapanan, 23 Orang Keracunan

Kamis, 05 September 2024 – 09:49 WIB
Warga Sragen Bikin Selapanan, 23 Orang Keracunan - JPNN.COM
Ilustrasi keracunan makanan. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, SRAGEN - Kegiatan selapanan atau selamatan untuk memperingati kelahiran bayi selang 35 hari di Dukuh Kalikunci, Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, berujung keracunan massal.

Warga yang ikut menyantap makanan di acara itu pada Selasa (3/9/2024) sore, keesokan harinya atau 12 jam kemudian mengalami pusing dan mual.

?Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen Udayanti Proborini mengungkapkan terdapat 23 orang yang menunjukkan gejala keracunan. Para korban itu dirawat di puskesmas maupun rumah sakit terdekat. 

?"Di Puskesmas Sambirejo ada 16 orang, di Puskesmas Gondang enam orang, dan satu dirujuk ke RSUD dr. Soehadi. Yang rawat jalan tidak ada,” katanya saat dihubungi awak media pada Rabu (4/9/2024).

??Udayanti menjelaskan Dinkes Sragen begitu menerima laporan soal keracunan massal itu langsung mendatangi lokasi selapanan.

Selanjutnya, Dinkes Sragen dan tim dari Puskesmas Sambirejo melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) dengan mengambil sampel.

“Kami setelah mendapatkan kabar langsung ke Sambirejo. Sudah ke lokasi, sudah ambil sampel untuk dilakukan pemeriksaan, sudah melakukan PE dengan tim puskesmas," ujarnya.

??Udayanti menduga gejala yang ditunjukan oleh 23 warga itu diakibatkan keracunan makanan dalam acara salah seorang warga.

Selapanan atau selamatan memperingati kelahiran bayi selang 35 hari di Dukuh Kalikunci, Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Sragen, berujung keracunan massal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA